Wanderlust
comments 66

Japan Trip: Itinerary, Tips & Trick

Setelah memberi tips membuat itinerary di sini, ada beberapa orang yang meminta itinerary saya. Beberapa bertanya lebih lanjut, dan saat itu saya hanya bisa mengatakan, ‘itu baru rencana’. Setelah pulang, saya pikir ada baiknya berbagi time table perjalanan dan tips-trik traveling efektif & efisien selama di sana. Boleh dibilang perjalanan saya ke Jepang kemarin sukses karena berhasil mewujudkan semua rencana pergi ke tempat yang ingin saya kunjungi, malahan ada beberapa yang tidak direncanakan. Biaya yang dikeluarkan sesuai budget, belanja pun sukses ;D

Jalan-jalan kali ini menghabiskan waktu 7 hari 7 malam (9 hari jika ditambah perjalanan) dan saya berhasil mengunjungi 5 kota; Tokyo, Hakone, Kyoto, Osaka, dan Kobe.

Kenapa 5 kota tersebut? Karena kota tersebut memiliki daya tarik dan ciri khas masing-masing. Kalau memang waktu kamu sempit, pergilah setidaknya ke Tokyo & Kyoto. Tokyo adalah ibu kota Jepang yang super modern, dinamis, modis, dan terang di waktu malam. Kyoto adalah ibu kota Jepang kuno sehingga masih memiliki banyak kuil dan bangunan bersejarah. Banyak pula jalanan yang masih dibiarkan bergaya kuno sehingga rasanya persis di game atau film zaman Samurai. Jika masih ada waktu, saya menyarankan untuk pergi ke Hakone, Osaka, dan Kobe. Hakone itu seperti daerah Puncak bagi warga Jakarta. Berlokasi di pegunungan, dengan pemandangan indah, berbagai museum dan pemandian-pemandian air panas. Di Osaka banyak makanan enak (walaupun saya tidak sempat wisata kuliner di sana) dengan orang-orang Kansai sangat ramah dan bersemangat. Last but not least, Kobe, merupakan kota pelabuhan yang cantik dan romantis :)

Foto-foto favorit sudah saya upload di Flickr saya. Ini Hakone & Tokyo, ini Kyoto, ini Osaka, dan ini Kobe.

Anyway, berikut itinerary saya yang berupa time table: (klik untuk ukuran besar)

Time table tersebut rasanya memang sesak ya :)) Tapi saya membuktikan bahwa perjalanan tersebut sangat mungkin dilakukan. Berikut tips & triknya:

1. Kalau ingin pergi ke beberapa kota di Jepang, gunakan JR Pass. Ini seperti tiket terusan ‘sakti’ yang bisa membuat kita gratis naik semua kereta di bawah bendera JR (mencakup jalur-jalur utama kereta api dalam kota), termasuk Shinkansen (kecuali Shinkansen Nozomi). Shinkansen dengan kecepatan inilah yang memungkinkan kita day trip antar kota. Misalnya saya, selama 3 hari di Tokyo, saya melakukan day trip ke Hakone. Kemudian saya sempat day trip ke Osaka padahal menginap di Kobe. JR pass ini sendiri merupakan privilege turis, karena hanya orang dengan paspor asing dan visa kunjungan sementara yang dapat membeli JR pass ini, dan harus dibeli di luar Jepang. Untuk Indonesia, kemarin saya beli di JALan Tour, Jakarta. Harganya 28.300 yen (sekitar 3,3 juta rupiah) untuk 7 hari.

Shinkansen

2. Mungkin ada yang belum tau harus menginap di mana, jawabannya menginaplah di hostel backpacker (cek hostelbookers.com atau hostelworld.com). Tarif per malamnya akan tergantung dari lokasi dan fasilitas. Jangan terpaku dengan hostel dengan harga termurah. Cek rating dan review dari orang-orang yang pernah menginap di sana. Jangan sampai karena ingin harga murah tapi dibayar dengan letaknya yang jauh dari stasiun dan tidak nyaman. Istirahat yang berkualitas adalah kunci perjalanan yang efektif!

3. Manfaatkan loker berbayar. Untuk menghemat waktu, saya hampir selalu memilih menaruh barang di loker stasiun untuk sementara ketimbang kembali ke hostel. Loker berbayar ini terdapat hampir di semua stasiun, bandara, dan dapat digunakan selama seharian dengan membayar 300 yen ~ 32.000 rupiah (ukuran terkecil).

4. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di restoran. Selama 7 hari di sana, hanya beberapa kali saya pergi ke restoran. Biasanya restoran yang saya kunjungi istimewa dan termasuk objek yang ingin saya nikmati, misalnya makan sushi, soba, atau restoran sea food di Kobe Port dengan pemandangan yang luar biasa (thanks, Mel!). Untuk menghemat waktu dan juga uang, onigiri dan menu bento dari minimarket seperti 7Eleven & Lawson sangat praktis dan ekonomis, dapat dimakan di perjalanan. Rasanya pun enak menurut saya :9

5. Belanja di lokasi objek wisata & bandara. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, harga souvenir di Jepang tidak beda jauh antara yang di jual di objek wisata, bandara, ataupun pusat perbelanjaan. Tidak seperti di Indonesia atau Singapura misalnya, yang harga souvenir di bandara-nya bisa jadi beberapa kali lipat harga souvenir di ‘pasar tertentu’. Oleh karena itu, jika ingin beli souvenir, beli saja sekalian mengunjungi tourist attraction atau sekalian waktu pulang.

ALL BUNNY

6. Jangan buang waktu untuk nyasar atau salah turun stasiun! Hehehe, ini yang agak tricky. Yang namanya kesasar itu wajar tapi sangat bisa diantisipasi. Di Jepang, papan petunjuk arah, semuanya super jelas. Oleh karena itu, dari sebelum keberangkatan, cek dulu apa nama stasiun terdekat dari objek wisata tujuan kita, naik kereta apa, jalur apa. Semua dapat dicek di hyperdia, lengkap sampai ke menit-menitnya.

7. Cek ramalan cuaca, bawa payung & siapkan back up plan kala hujan. Sesampai di sana, coba cek ramalan cuaca. Payung adalah senjata wajib (at least di musim semi, based on my experience) yang harganya kalau dikurskan lumayan juga hehehe. Jangan lupa bawa payung lipat, dan seandainya ramalan cuaca mengatakan akan hujan, segera susun rencana cadangan (baik mengatur ulang rencana ataupun coba tempat baru yang tidak direncanakan sebelumnya tapi indoor, menarik dan tidak terlalu jauh).

Rain in Higashiyama District

8. Istirahat berkualitas! Ini sangat penting. Seperti yang telah saya sebutkan di poin nomer 2, pilihlah hostel yang nyaman untuk tidur dan mandi air hangat. Selama pergi, saya (dengan ogah ruginya) selalu bangun pagi untuk berangkat dan pulang malam kemudian langsung tidur. Butuh kondisi fisik yang baik dan istirahat cukup untuk jalan-jalan seharian. Jangan buang waktu istirahat untuk menulis blog (as for me, hehehe). Saya masih menggunakan buku catatan untuk mencatat hal-hal penting maupun tidak (bahkan sketsa) selama perjalanan :)

Hmm, apa lagi ya? Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan komentar di bawah. Akan saya jawab sebisa saya di bagian komentar juga :)

 

IMPORTANT UPDATE:

Untuk itinerary, silakan download di sini ya -> Puty – Japan Itinerary XLSX

66 Comments

  1. Halo Puty, menarik nih tulisannya. Dan tulisan-tulisan sebelumnya juga ringan dibaca. Aku link ya :)
    Anyway itinerarynya simple banget, nice!

    • Halo, ini @ayslaras ya? :D Makasih yaa.. Just visited your blog, and the review about Bangkok is nice :) Sayang kemarin ke sana lagi patah hati jadi nggak sempet nyatet apa2 untuk ditulis :P *kok curhat sih*

  2. Mia says

    Puutttskkyyy..
    Total damage Japan Trip kemaren kurleb nya berapaan ya? Buat ancer2 tabungan hehe ^^

    • hahah, aduh uni miong, nanya budget kalo ketemu langsung aja yao :)) boros cyin ekeu.

  3. phobe says

    Hi, waktu kamu naik MRTnya, tulisannya pakai jepang jadi gimana donk?
    Thanks

  4. Halo Puty, kemarin aku udah dapat itinerary kamu via Rahne. Rencananya mau ke sana bulan Oktober tahun ini.

    Thanks buat postingan di atas, sangat membantu! :)

    • Wah bakal ke Jepang bareng Rahne yaaa :D Semoga lancar dan sukses. Biarpun mahal, worth every penny! :’)

      • Halooo, aku ga bareng sama Rahne sih. Beda semingguan kalo ga salah, cuma dapat tiketnya kemarin jauh lebih murah dari Rahne #bangga :))
        Ameen..
        Targetnya sih less than 8 juta dalam 8 hari. Semoga bisa!

    • Ayo Thaaa, nabung :’) Soalnya memang mahalll, tapi bagus bangett. DAN POSTCARDNYA LUCU LUCU BANGET!

  5. Mia says

    Huahahaha..ga papa boros, namapun pere ya, maakkk :)) #okesip

  6. Hei Put… waaaa mupeng banget pengen kesana, thanks infonya…

    Itu JR Pass bisa didapet dimana tempatnya ya? kalo sekali jalan mahal banget gak?

    • JR Pass bisa didapat di JALan Tour Jakarta (klik aja link di postingan itu). Kalau naik shinkansen memang sekali jalan mahal banget, bisa 1.5 juta. Jadi memang kalau mau antar kota, JR pass sangat disarankan :D #bukankomenberbayar

  7. gak bisa bikin beginian sayah.. 2 hari di tokyo serasa bencana :)) tapi seru juga sih..

  8. hi, bisa share untuk pengalaman? Flight saya langsung ke Osaka dan hanya 4 hari :( enakan habiskan waktu di kyoto atau Osaka? dan possible ngga sih untuk ke Tokyo?

    • Mungkin 2 hari di Osaka dan 2 hari di Kyoto :) Menurutku Kyoto itu must visit kalau mau lihat kebudayaan Jepang. Ke Tokyo, hmmm, sepertinya terlalu mepet dan akan mahal jatuhnya hehehe. Dan Tokyo, menurutku minimal 3 hari deh di sana :D

  9. Yuliana says

    hai puti.. saya berencana ke jepang september ini. saya berangkat sendiri dan saya sangat bingung. dari bandara Osaka (KIX) menuju Fukui itu gimana ya rutenya? bagusnya (murahnya) naik kereta api atau bus? mohon sarannya ya.. terima kasih

    • Halo Mbak, waduh, kebetulan saya nggak datang/kembali lewat Osaka dan tidak ke Fukui. Tapi setau saya, JR Pass menjangkau stasiun2 utama kota2 di Jepang. Sorry for not helping, hehe.

  10. kusmiyati says

    haiii puty, mau nanya nih, kebetulan aku awal september ini mau ke jepang, berangkat dan balik lewat osaka, rencana berkunjung ke osaka, kyoto, dan ke tokyo. tau gak untuk perjalanan yg murah dr osaka ke tokyo naik apa ya?rencana di jepang 6 hari

    • Setahu aku paling cepat sih naik shinkansen, tapi memang mahal (segalanya di Jepang mahal sih, hiks.). Kalau nggak salah pernah ada yang bilang naik bis malam gitu bisa dari osaka ke tokyo.. Coba browsing aja, heheh :D

      • betul…ada namanya night bus (willer bus)…harganya sekitar 5800 yen…tujuan bisa stasiun tokyo atau shinjuku…enaknya brkt malam sampai sana pagi sekitar jam 7.30….bisa pesen langsung by website nya willer bus japan…trus mesti hati2 pilih bis nya…karena ada bis yg tidak bisa simpen tas di bagasi….

  11. johansa says

    puty, kira2x total biaya selama seminggu brp yen yah..arrival di osaka..tp blm tau mau jalan kemana ada suggestion?? taun depan maret mau kesana backpack :). thankyou

    • hehehe, biaya itu tergantung banget sama traveling-style kamu.. tapi Jepang memang mahal segalanya.. :p coba deh cari bukunya Claudia Kaunang, di nulis tips jalan-jalan hemat ke Jepang, 3,5 juta, hehehehe :D

  12. Rusmin Dany says

    Hallo…. Sy ada rencana desember ini mau ke Jepang, katanya lagi musim dingin. Kira2 suhu di bulan desember berkisar berapa derajat ya?
    Thank you

  13. Salam kenal, aku mau ke japun niy tapi Kalo hakonenya diganti dg kawaguchi bgmn ? Apakah cukup beresiko …

  14. Andita says

    Dear Puty,

    Tulisannya bagus banget..
    kebetulan akhir bulan ini aku mau ke Jepang juga, boleh kah minta itinerary and contoh budgeting nya?
    klo boleh, lewat email aja ke adh.putrirasyid@gmail.com
    makasih banyak Puty :)

    regards,
    Dita

  15. risda says

    Hi Puty,
    Very informative ni tulisannya :)
    Btw, kmu dr haneda airport ke hakone itu pk JR pass ya? Kalo dari haneda airport mau ke tokyo lgs bisa pk JR pass jg kan? Trus JR pass itu bs di pake utk transportasi dalam kota tokyo and kyoto jg kan? Maksdku, banyak alat transportasi dlm kota tokyo and kyoto under JR group kan?

    Thanks bgt loh utk info nya ;)

    • Kalau caseku, aku dari airport sampainya malam2 dan berangkat ke kota dari airport pagi2 banget, jadi belum bisa meredeem si JR pass, hehe. Harusnya bisa seingatku karena under JR :)

  16. rissa says

    Hi Puti, aku mau ke kyoto sama osaka tahun depan, kebetulan tempat-tempat yang aku ingin kunjungi banyak yang sama, aku mau nanya nih, ada tempat yang setelah di kunjungi terus menyesal gak ya? tidak sebagus yang di pikir atau sekeren di foto2 yang ada di web ? terimakasi :)

    • Hehe, alhamdulillah dari semua yang aku kunjungi nggak ada yang aku sesali. semua sewonderful yang ada di web-web traveling :D bahkan Kobe yang tidak aku plan turned out keren banget jugaa hihihi

  17. Halo Puty..
    kayaknya asik ya.. Aku rencana mau ke Jepang tapi sama suami dan anak balita, kayaknya banyak yg harus dimodif ya itinerarynya hehehe..

  18. Hallo Puty artikel yang bagus. Saya sudah baca artikel Puty tentang Tips & Trik Merencanakan Flashpacking. Tapi masih agak galau untuk menyusun itenary.

    Puty boleh nyonto itenary Puty yang ke Jepang gak? Kalo boleh kirim ke anata_arie@yahoo.com ya.

    Rencananya april tahun depan aku dan temanku akan kesana selama 7hari 7 malam hampir sama dengan perjalanan Puty.
    Sekarang masih cari-cari bukunya Claudia Kaunang tapi belum dapet.

    Terima kasih Puty

  19. Figli Bombach says

    Hi Puty,..

    Salam kenal , saya rencana mau ngulang ke Japan (pernah dulu tahun 1983, gratisan trainee dari kantor selama 3 bulan) kalau sekarang ada gak Hostel/Backpacker hostel yang anda rekomendasi di Tokyo ?

    Salam,

  20. jora says

    Salam kenal mba, sy tertarik bgt untuk berkunjung ke Jpg, tanpa bantuan tour. Bole ga di mba email itinerary prjlanan mba ke jpg beserta budget yg dipakai slama d sana. Mau di jadiin sebagai gmbrn. Makasih ya sblumnya ;)

  21. dear puty,
    haaaaii..nice article :) kebetulan aku ada rencana trip mau kesana, would be very helpful if you can also share your itinerary to my email bita_182@yahoo.com
    rencana mau kesana pas musim semi tahun ini :)
    thanks put..

  22. yunisa says

    hai put salam kenal ya! gue dr jogja. gue ada rencana nih ke jepang akhir tahun ini, backpackeran. oiya, lu dr jakarta ke tokyo naik apa? total pp brp? terus gue jg mau dong list perjalanannya hehe please banget ya :) bisa kirim ke email gue di: yunisazahrah@yahoo.com thanks sooooo much! :)

  23. Corina says

    Puty’s Journal…….sayang kenapa tidak sekalian direkomendasi kemana saja perjalanannya misalnya belanja ditoko ini atau itu, kemudian hostelnya bisa dong disebutkan dimana saja ? karena itu sangat membantu loh, walaupun kita belum tentu menginap disitu ! Bagaimana ? Boloh dong bantu saya untuk beberapa permintaan diatas ? ok saya……tunggu

  24. Aulia says

    Dear Mba Puty :)
    Aku Aul, mahasiswa HI UB Malang. Mba, kelas kami ada proyek kecil”an merencanakan Study Tour ke negara Asia Timur *matkul Masyarakat Budaya Politik Asia Timur sih emang* nahh.. kira” ini total berapa yaa mba? Ada tips en trik biar dapet murah *budgeting trip deh* gitu ngga? teruuus .. ada rute tertentu yang bisa kita coba ga mba? Atau malah ada usulan travel agent? hehe . yang harga mahasiswa gitu mba .. gimana? ditunggu responnya ya mba :) makaasiiiii :)

  25. novi says

    Hi Puty,

    bisa minta alamat emailmu? kebetulan saya mau ke jepang tanggal 27 april nanti, saya mau tanya2 dengan kamu, dan itenary yang dibuat sama persis.

    Thanks
    novi

  26. Dewi Thu says

    Hi … Salam kenal, Mbak Puti.
    Maaf , Mbak, bolehkah saya meminta table budget dan itenerary Mbak selama liburan di Jepang.

    Rencana saya akhir tahun ke Jepang (tanpa biro perjalanan). Email saya dewianggreani@ymail.com

    Terima kasih.

  27. nurul says

    Hi Puty!

    Blognya menarik banget, mau nanya kalo ke Kyoto aja (3 hari) itu bisa ngeluarin berapa duit ya?

    thanks!

  28. ditha says

    Salam kenal Puty, saya berencana pergi bln sep thn ini dgn air esia yg akan mendarat pd pukul 23.30 waktu setempat, apakah msh ada kereta yg menuju totkyo station? Yg mana lebih baik utk beristirahat? Krn setahu sy hotel di sekitar haneda mahal ya….?? Saya akan pergi ber3 (dewasa semua) jd kalau nginep htl maunya 1 kamar agar kami bs share. Atau bisakah numpang merem di haneda airport. Tp pastinya lelah sekali. Mhn sarannya dong….oya bisa krm itinerarynya melalui email ditharinididit@gmail.com oya saya jg mau cb JR pass. Saya inginnys ke tokyo, nagoya, kyoto, osaka, kobe, dan mana yg bagus antara hakone, karuizawa dan kamakura? Kutunggu advisnu. Thank you,

  29. Pingback: 22 Kumpulan Tips Membuat Rencana Perjalanan atau Itinerary | Open Trip | Travelling, Sharing dan Networking

  30. Putri Sari Soraya says

    Hi Puti,

    Itinerary-nya berguna banget nih. Infonya juga bermanfaat banget. Thanks yaa :)

  31. mc says

    hi,salam kenal,

    itin u berguna banget buat pegangan..hehe..

    saya plan mau ke jepang juga tapi tahun depan

    thank u ya

  32. Dhita says

    Hai Puty

    Mau tanya dong, itu itinerary yang sama dengan yang kamu cantumkan pada saat apply visa?

  33. Ray says

    Mbak Puty, slm kenal, sy Ray, blognya insipiratif ni.. :) Mbak Aq mw tny kl JR Pass itu bisa trip dr tokyo – osaka, termasuk keliling monorail dan bus dalam kota tokyo dan osaka g y ? Trims y Mbak

    • halo Ray.. :D Setahu aku monorail Jepang itu nggak termasuk jaringan Japan Rail sehingga harus bayar :) Kalau bus di Osaka aku kurang tahu, tapi kalau bus di Kyoto tidak termasuk :)

  34. mbak waktu disana dominan menggunakan bhs.ing / nipon?
    trus penunjuk jalan disana pake bhs apa ya?
    trus kira2 gimana kalo kita yang pengen kesana, tapi belum bisa bhs. japan?
    please responnya mbak..
    makasih..

    • halo mbak iing :) saya modal bahasa inggris dan bahasa tarzan aja kok. petunjuk jalan jelas dengan simbol-simbol dan huruf romawi, yang penting mau baca dan memperhatikan ajaa :)

  35. nilawaty says

    Hi salam kenal mbk puti

    Bole mintak di bantu susun ittin praktis dan hemat buat ke tokyo kyoto osaka?
    rencana akhir mei ini brkt ke tokyo pulangny dari Osaka cocok ga ya ?
    Punya cuti cuma 10 hari dari indo …..bagusnya gimana y?
    tks sebelumnya yaaaaa

    nilawaty

  36. Winna says

    Hai puty… salam kenal yaa.. suka bacanya detail banget, mau jugalah dishare itinerarynya… kirim ke email wee_nna@yahoo.com, boleh yaaa… makasih..

  37. tommy says

    Saya mau nanya.
    1.Kenapa di itinerary yg anda buat tidak terdapat tokyo disneyland? saya ingin sekali ke tokyo disney land soalnya. Dan menurut yg saya baca ada tokyo disney sea juga. 2.Apakah itu satu paket saat pembelian atau kita harus membeli tiket untuk keduanya? 3.apakah cukup satu hari di tokyo disney land? atau harus beli tiket yang bisa 2 hari langsung?
    4. Saya berencana pergi selama 9 hari (tidak termasuk perjalanan pesawat), apakah rute yg terbaik dari tokyo-hakone-kyoto-osaka? sehingga saat plg ke jakarta nanti akan lewat bandara osaka dan bukan tokyo seperti saat berangkat.
    5. perlukah membeli japan rail pass? karena banyak yang blg tidak semua daerah dilewati japan rail pass

    terimakasih banyak

  38. Floren says

    Hai mba puty kalo sy renc ke jepang dan sy msk osaka tp sy sampe osaka malam sy hrs naik apa ya ke hotel nyaa dan hotel yg ga trlalu jauh tau apa ???

  39. Halo mba saya lusy tinggal di bontang.. Mba boleh minta nyontek itinerarynya kah mba sklian mau nanya2 ttg visa jepang via email sm mba.. emailku uchylusy@gmail.com mkasih mba..

  40. andre says

    mbak itu bisa diemail ittenarynya?menarik,trs saya pingin tahu solusi transportnya.thx bngt ya mbak

  41. Mbak.. Kamu luar biasa!!! Saya udah download itinerary nya dan WOW!!!!
    Keren abis..

    Good job and kudos to you…
    Terimakasih banyak udah share itinerary nya..

Leave a Reply