Sepuluh Tahun Ngeblog (dalam rangka #HariBloggerNasional)

Hari ini timeline Twitter saya dibumbui oleh tagar #HariBloggerNasional. Lucunya tweets yang diberi tagar tersebut lebih banyak menyindir blogger Indonesia yang sudah jarang atau bahkan nggak pernah menulis blog lagi. “Kapan terakhir posting?” “Kapan terakhir lupa password?” “Kapan terakhir kali macarin blogger?” :p Kemudian saya ingat bahwa tahun 2012 ini genap 10 tahun saya menjadi blogger: punya blog, lalu menulisinya. Untuk merayakan (yang katanya) Hari Blogger Nasional, mari bernostalgia sedikit. *kemudian backsound lagu First Love-nya Utada Hikaru*

Saya kenal internet sejak kelas 5 SD (tahun 1999-an, untuk browsing gambar-gambar Cardcaptor Sakura) dan sudah ingin punya website sendiri sejak kelas 6 SD. Yah, namanya juga anak SD, suka banget lihat website-website Geocities yang gif-nya lucu-lucu seperti ini ->  *dhuar*. Kemudian tahun 2001, saya masuk SMP dan mulai membuat website Geocities pertama saya. Backgroundnya gambar bintang-bintang dan isinya mostly “About Me”. Pencapaian yang luar biasa dong? Tahun segitu anak seumuran saya lagi asyik main Ragnarok Online tuh *minta dipuji*.

Tahun 2002, dari majalah Animonster saya tahu ada yang namanya blog. Platform yang dikenalkan waktu Pitas, Upsaid, dan DiaryLand. Saya coba buat di ketiganya, tapi yang paling cocok waktu itu Upsaid. Jadilah URL resmi pertama saya http://upsaid.com/puch (ya ya, you can still call me Puch :3) dan inilah penampakkannya:

Karena Upsaid nggak bisa banyak dimodifikasi, akhirnya saya mencoba bikin website sendiri dengan notepad dan Microsoft FrontPage. Waktu itu Brinkster masih memberikan hosting gratisan dan trendnya adalah memasang tagboard di website buat sapa menyapa. Dari website dan tag board inilah saya mulai kenal teman-teman blogger pertama saya. Udhien, DipatokAyam, AchmadBiz, Doneeh, Thomas ‘Warna Dunia’, dll, dll. Oh iya, Amadhea juga! Hahaha ;)

Tahun 2003, saya mulai menggabungkan website itu dengan akun Blogspot. Mulai saat itulah saya menggunakan judul ‘Puty’s Journal‘ sampai sekarang. Waktu itu alamatnya wittypuch.blogspot.com. Arsip saya yang ada di blog ini sejak 2003 adalah hasil import dari blog tersebut. Kemudian di tahun 2004 (menjelang masuk SMA) saya mulai nebeng dihost oleh Diki atau yang saat ini dikenal dengan Niwat0ri ~:> Sejak itu saya setia menggunakan WordPress. Tahun 2008,  barulah saya memutuskan untuk beli domain byputy.com dan betul-betul mandiri nggak nebeng-nebeng lagi sampai sekarang.

Kalau ditanya selama sepuluh tahun ini berapa rupiah yang saya hasilkan dari blog, jawabannya nol rupiah. Namun kalau ditanya apa saja yang sudah saya dapat, hmm; priceless. Begitu banyak pengalaman yang saya dapat karena nge-blog. Diajak jalan-jalan dan makan gratis (PENTING! :p), merasakan masuk majalah dan TV, ditawari pekerjaan, hingga kenal banyak orang dari berbagai umur dan latar belakang yang memberikan banyak inspirasi. Beberapa dari mereka menjadi teman baik dan menjadi motivasi untuk saya. Beberapa menjadi pembuka jalan bagi berbagai kesempatan.

Time flies; people changed. Teman blogger saya ada yang sudah jadi seleb dengan 3,5 juta followers, ada yang sudah menerbitkan banyak buku dan punya start-ups, ada yang sudah pensiun ngeblog dan sekarang tekun menjadi jurnalis di mainstream media, ada yang menikah dengan sesama teman blogger dan punya anak-anak yang super lucu, ada yang jadi publicist band dan film, ada yang melanjutkan kuliah di luar negeri, dan seterusnya dan seterusnya. Ada juga yang masih setia sebagai programmer dan developer. Ada yang pindah haluan ketenaran ke Twitter. Banyak juga yang kemudian fokus sama kehidupannya nyata-nya dan hanya bisa ditemui via Facebook.

Beberapa foto dengan blogger yang diambil sekitar 3 tahun yang lalu dengan lomo fisheye ;p (foto-foto yg lebih lama dari ini belum dipindahkan dari komputer di Bekasi, hehe)

BBV

Mas Koen & Ichanx

Baraya Blogger-wati

Blogger Bekasi

Saya pribadi sekarang pun sudah nggak terlalu banyak lagi bersosialisasi sebagai blogger, misalnya dengan blogwalking ataupun ikutan kopi darat dengan komunitas blogger seperti dulu. I keep in touch with old friends but I barely make new ones, hehe.

Well, after 10 years, I still fall in love with blogging. Sekarang blog saya lebih banyak digunakan untuk penyaluran passion bercerita dengan foto dan tulisan. Namun demikian, esensinya tetap sama untuk saya; sebagai rumah maya untuk belajar. Tentang membaca dan menulis; tentang meninggalkan pesan dan kesan; tentang berubah dan melakukan perubahan; tentang mengambil gambar dan merekam makna dalam kata-kata. Tentang tumbuh dan menjadi dewasa.

Akhir kata, selamat Hari Blogger Nasional, teman-teman semua baik yang masih ngeblog maupun tidak.

Please keep in touch :)

27. October 2012 by puty
Categories: Kopi Darat, Ordinary Life | Tags: , | 2 comments

Comments (2)

  1. 10 taun? kereeen.. aku punya blog telat banget: 2006 pas udah jadi ibu2 :))

    selamat hari blogger, puty! :D

  2. wah, udah 10 tahun ya. happy 10 years anniversary :)

    gw mulai kenal ama internet sekitar 1998, tp mulai bikin blog baru sekitar tahun 2002, berawal dari IRC dan ketemu teman2 yang mengenalkan sama yg namanya blog.

    although I don’t remember exactly why I started blogging… something I need to recall.

    once again. happy 10 years anniversary :)

Leave a Reply

Required fields are marked *