Wanderlust
comments 6

Next Year, Let’s Visit Jogja Again!

One done, 2 to go!

Setelah Pasar Seni ITB di Bandung kemarin, akhir tahun nanti Insya Allah saya mau solo trip ke Ubud pas liburan natal nanti. Ceritanya mau yoga-yogaan dan bersantai di kafe-kafe yang lucu kekinian (superficial abis hahaha, maafin deh yaa) berhubung ada cuti 2 hari yang mau habis masa berlakunya.

Awalnya saya mau ngajak Noumi, sahabat saya sejak SMP, karena selama lebih dari 10 tahun pertemanan kami belum pernah liburan bareng. Namun karena dia sibuk pas Natal (maklum, kerjaannya ngurusin mainan semacam Santa Claus, kekekek) akhirnya saya usulkan tahun 2015 kami ke liburan pendek bersama ke Jogja. Kebetulan ada sahabat saya yang mau wisudaan, dik Aresty. Horee :3

Jogja ini memang ngangenin walaupun saya nggak pernah tinggal atau sekolah di sana. Saya nggak pernah menghitung berapa kali ke Jogja sejak SMA. Pernah saya liburan bertiga saja dengan Bunda dan Zakki bertualang naik buswaynya Jogja maupun becak. Waktu adik saya masih sekolah di Magelang pun, saya rutin ke Jogja (dan numpang nginep di rumah Aresty, hehe). Banyak kebahagiaan setiap kali berkunjung ke sana, apalagi makanannya enak-enak dan MURAH. Mungkin Jogja ini rasanya seperti Bandung bagi yang pernah tinggal atau sekolah di sana. People surely left their heart in Yogyakarta.

Nah. Kemarin saya sempat browsing-browsing tapi belum sempat buat itinerary dan berbagai persiapan khususnya untuk akomodasi. Banyaknya pilihan tempat penginapan di Jogja mengharuskan kita untuk cermat memilih sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, buat yang ingin menghemat budget, maka bisa cari hotel-hotel bertarif murah di Jogja. Selain itu untuk transportasi juga bisa dipilih-pilih sesuai kebutuhan. Nah, kalau semua itu udah siap, maka kita bisa lanjut ke tempat-tepat yang ingin dikunjungi. Pada kesempatan ini saya share saja list tempat yang sudah saya kunjungi (tapi mau saya kunjungi lagi karena nggak bosan!) (hint: enggak ada Keraton dan Candi Prambanan) dan tempat-tempat yang ingin saya kunjungi :)

1.       Museum Ullen Sentalu

Ullen Sentalu adalah museum favorit saya selain Museum Affandi :) Museum yang dikelola secara pribadi  ini berisi karya seni dan budaya Jawa. Sebetulnya untuk koleksinya tidak terlalu ‘wah’, lebih banyak lukisan, namun Museum Ullen Sentalu ini menyediakan tour guide resmi (included harga tiket) yang akan menceritakan sejarah dan kisah-kisah menarik di balik benda-benda yang ada di sana. Nah, setiap guide tidak akan selalu sama interestnya, ada yang hafal banget silsilah keluarga keraton Yogya dan Solo, ada yang interest dan bercerita banyak soal seni tari, dll.

Another Days in Jogja, 2013

Another Days in Jogja, 2013

Another Days in Jogja, 2013

Another Days in Jogja, 2013

Waktu saya ke Ullen Sentalu sama Aresty

Museum ini juga cantik banget. Letaknya di dataran tinggi Kaliurang plus suasananya yang asri nyeni membuat hati adem.

Penasaran? Langsung aja kunjungi tempatnya di:

Jl. Boyong Km 25, Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Telp: +62 274 895161

2.       Museum Affandi

Saya pertama kali ke Museum Affandi entah berapa lama yang lalu, kalau tidak salah waktu SMA. Mungkin karena memang dasarnya saya suka lukisan dan saya terkesan oleh Affandi waktu membaca biografinya. Dulu sewaktu beliau belum terkenal alias masih menjadi starving artist, beliau minta izin ke keluarganya untuk tetap melukis. Beliau bahkan membagi hari-harinya dengan seksama, misalnya dalam satu bulan beliau akan melukis 2 minggu, maka 2 minggunya beliau akan bekerja. Bekerja apa saja untuk memenuhi tanggung jawabnya kepada keluarga untuk mencari nafkah.

Di Museum dan Galeri Affandi ini tidak hanya ada lukisan tapi ada juga mobil tua beliau, patung-patung dan instalasi dan yang pasti rumahnya pun unik. Kolamnya sedikit banyak mengingatkan saya pada karya ala Gaudi, hehe. Foto-foto kunjungan pertama saya sudah entah kemana jadi ini saya ambil gambar dari Asiavisitors.

affandi 1 affandi 2 affandi 3Museum Affandi berlokasi di :

Jalan Laksda Adisucipto No. 167, Sleman, 55281, Indonesia

Jam buka 9:00 am – 4:00 pm

Telp: +62 274 562593

3.       Pabrik Tegel Kunci

Berhubung lagi excited ingin punya rumah tahun 2015, saya lagi sering browsing-browsing soal rumah dan isinya. Kebetulan yang namanya Tegel Kunci ini lagi hits banget baik di resto-resto maupun rumah tinggal. Buat yang belum tahu, tegel kunci itu yang seperti ini loh.

tegelkunci-9

Sumber gambar: Livingloving

Sebetulnya lucu sih, rumahnya belum pasti tapi udah lihat-lihat tegel. Ya tapi namanya juga window shopping. Eh ini window shopping atau tegel shopping dong namanya? :p

Lokainya ada di Jl. Ks. Tubun No.95 Yogyakarta, Indonesia

4.       Mirota Batik

000013

Nah, kalau bicara shopping, pasti bicara daerah Malioboro. Jelas kalau ini icon sekaligus magnetnya turis, apalagi dengan banyak penginapan murah yang menjamur di sekitarnya, seperti Whiz Hotel Jogja, Zodiak, dll, tentu lebih memudahkan turis dalam mengeksplor spot-spot yang menarik di Yogyakarta. Salah satu spot yang menarik adalah Mirota Batik. Ini adalah pusat batik dan souvenir favorit saya (dan sepertinya semua orang) karena lengkap dan semua ada. Kalau ke sini itu rasanya seperti menyimpulkan acara belanja setelah melalui jajaran pedagang sepanjang jalan. Maklum, jiwa turis, kalau belum ke Malioboro belum berasa ke Yogyakarta :p

5.       Epic Coffee & Epilog Furniture

epic coffee 1

Saya diajak Aresty kesini karena tempatnya yang kekinian ala ala ware house (maklum, di Balikpapan nggak ada, kekekek). Kopinya pun fresh. Selain itu, Epic Coffee ini bergabung bersama Epilog Furniture, toko furniture yang bikin hati deg-degan bikin ingin beli tapi nggak ada budget dan bingung bawanya gimana :’))

000005

Kenapa ingin ke sini lagi? Mau lihat kursi-kursinyaaa x)

Untuk alamatnya ada di:

Jalan Palagan Tentara Pelajar Km. 7,5 No. 29, 55581, Yogyakarta.

Telp: (+62)274-4530704

Open hours: Monday-Sunday, 10 am-11.30 pm.

6.       The Captain Urban Lounge

Dari hasil blogwalking tentang kulineran non-tradisional di Jogja, saya penasaran sama The Captain Urban Lounge ini karena desainnya ala-ala hangar pesawat :”) Sebenernya aneh nggak sih saya ini, sepertinya sudah sering makan di dalam pesawat (terbang betulan pula pesawatnya kekekek), kok tetap ingin makan di pesawat pura-puraan. :p Will tell about it later, tho!

urban-lounge-2

Sumber foto: Sitdownwith.me

The Captain Urban Lounge ini ada di Jalan Damai, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta (in front of Khao Pad Pattaya Restaurant)

Open hours: 5 pm – 1 am (last order 12 am)

7.       Kopi joss

Buat yang belum pernah minum kopi joss, well, you’ve missed a lot fo sho. Kopi joss ini sebetulnya kopi hitam biasa namun dihidangkan dengan arang yang panas membara. Arangnya dibiarkan di dalam sehingga menciptakan rasa yang unik dan gurih. Walaupun ada yang bilang berbahaya tapi kan nggak sering-sering ke Jogjanya, jadi nggak apa lah yaa, kekekek… #pembenaran

Nah, jadikan lah ya Mi… Udah terbayang-bayang mendarat di Jogja nih! :D

6 Comments

  1. Nomor 6 kok aku ga tauuuuu. Kayaknya kurang main pas pulang ini (ya gimana, goler-goler di rumah lebih enak). :))

    Cobain Matchamu juga, puch. Kedai green tea baru di daerah Pogung. Aku penasaran banget tapi belum sempat. (klik matchamu.com buat teaser ngahahaha)

    Lho kok jadi pengen pulang. :|

    • Nah kannnn nomer 6 itu temen aku yang asli Yogya aja nggak tauu..

      Iya nih aku pengen juga matchamu, udah diajakin sama temen akuu tapi ga sempett…

      Thie, kita belum pernah ketemuan masa… Kapan kamu pulang aku main deh ke Yogyaa.. :p

  2. Putyyy, kapan ke jogja dan ubudnya? aku punya referensi menarik di Jogja dan Ubud nih, mau diposting foto-fotonya nanti aku kasih link-nya heuheu *sekalian promosi *eh

  3. Ade jatmiko says

    Putty apa kabar? masih ingat yani rig nggak, pas lagi googling ketemu blognya putty, keren abis dach…tertarik juga tuch liburan murah ala putty ke UK, share tips donk

Leave a Reply