Artwork, Thoughts
comments 13

Let’s Go Reading, Yuk Baca!

round-2

For the English version you can directly go here.

Beberapa waktu yang lalu ada yang email saya, merespon post tentang minat baca di Indonesia. Pengirimnya bernama Alicia, dosen dari AS yang sedang mengajar di UNAND, Padang, Sumbar untuk program English Language Fellows. Di emailnya dia mengucapkan terima kasih atas post yang memberinya insight soal rendahnya minat baca di Indonesian dari sudut pandang orang Indonesia sendiri. Dia menceritakan latar belakang voluntary-nya serta program ‘American Corner’ dan perpustakaan berjalan (mobile library) yang dilakukan oleh para volunteer American Corner.

Kami berdiskusi soal beberapa hal. Dia sampai minta saran untuk meningkatkan minat baca para siswa / mahasiswa serta masyarakat lokal, termasuk menarik pengunjung ke perpustakaan. Jawaban paling gampang dan masuk akal dari saya (walau superfisial) adalah: Orang Indonesia suka banget hadiah-hadiah gratisan (gimmicks) dan juga suka ikut-ikutan tren. Saya menyarankan untuk bikin semacam pembatas buku, sticker, atau pulpen (yang tidak terlalu mahal) misalnya, untuk orang yang meminjam-membaca-mengembalikan buku dengan baik. Saya juga bilang bahwa mungkin American Corner perlu menunjuk semacam ‘duta’ dari kalangan ‘cool kids’ untuk menyebarkan trend baca (atau selfie di perpustakaan :p)

Diskusi tersebut memang sederhana namun ‘menyentuh’ saya. Saya selalu ingin minat baca orang Indonesia meningkat karena saya yakin sekali bahwa kebiasaan membaca akan membawa kebaikan di masa yang akan datang untuk bangsa kita. Saya selalu mengingatkan adik, sahabat, atau siapapun yang kira-kira mau mendengar saya untuk membiasakan diri baca buku. Setelah baca email dari Mbak Alicia, saya jadi merasa, “Kok dia aja bela-belain banget ingin orang Indonesia berkembang tapi saya yang orang Indonesia malah santai-santai aja?” Saya jadi ingin melakukan hal yang lebih nyata untuk menyebarkan spirit membaca.

Jadi saya memutuskan untuk membuat 1 set FREE printables yang bisa didownload dan dicetak sendiri. Set tersebut terdiri dari 4 pembatas buku, 3 mini posters, 2 template reading list, and 2 sticker bulat. Saya menggunakan karakter Kelincuy dan Hipster Cat supaya ada versi yang tidak terlalu feminin. Ada juga versi mereka berduaan sehingga bisa digunakan untuk pasangan :)

letsgoreading

Printables tersebut setelah dicetak dan digunting akan terlihat seperti ini:
printed

Harapan saya sih dengan pembatas buku ‘unyu’, stiker, poster dan template reading list, kita semua akan lebih termotivasi dan teringatkan untuk membaca buku dan membaca lebih banyak lagi di tahun 2016. Teman-teman semua bisa mendownload, mencetak, dan menyebarkan sebanyak-banyaknya. Boleh diberikan ke adik, kakak, sepupu, keponakan, anak tetangga, teman, bahkan random strangers yang kita temui di sekitar perpustakaan atau toko buku.

Mari menyebarkan semangat baca dan kebiasaan baik ini! :D

Let’s do it! Let’s go reading!

Filed under: Artwork, Thoughts

by

Puty Puar. F/27. Indonesian. Former rocker, blogger, freelance illustrator, book enthusiast, who is running little business while homemaking. Started this blog in 2002.

13 Comments

  1. Hi Puty,

    Thanks ya sudah mau bagi2 gimmick super unyu kelincuynya :3
    Rasanya kapan-kapan kalo ada acara BBI (blogger buku Indonesia) pengen ngundang Puty, deh. Hahahaha.

    Sukses selalu

    • Terima kasih, Opat :) Mudah2an berguna yaaa :D Mau banget diundang acara BBI kalau ada! Kalau pas sempat pasti aku usahakan datang :D

  2. Dear Puty, it is beautiful what you’re doing. Beberapa tahun ke belakang aku jarang sekali baca buku dan berniat sekali kembali menyempatkan waktu untuk membaca. I can’t wait to print the bookmarks! :3

  3. tira says

    Mba Puty, aku pembaca setia Puty’s Journal loh *ihik* terima kasih untuk pembatas buku, sticker dan lainnya, senang deh :’)) ini mau aku print trus bagi ke teman-teman sekalian ngingetin mereka buat trus membaca buku juga :D

  4. Natrila Femi says

    Halo Kak, sebagai penggemar buku, pembatas atau perintilan kecil kayak gini aku suka banget. Makasih ya udah desain seunyu inih ><

  5. Wah mkasih banyak loh mba Puty sudah berkenan membagikan printable beginian ke kita-kita. Jadi saya bisa cetak sendiri, juga bisa buat kasih ke teman-teman saya yang tertarik.

    Semoga dengan hal-hal kecil seperti ini dapat membuahkan sesuatu yang besar nantinya.

  6. Pingback: Inspiration: Light Reading | yellow and red

  7. Pingback: My 2016 Resolutions – hot coffee and crispy toast

  8. Those gimmicks are so sweet and so do you???
    I hope I can start doing something too, whenever I read book in class my classmates are like dang you’re not gonna finish it all, are you? like I need to be pitied or what I mean hello I have so much fun here???
    Anyway thanks for doing this!~~

  9. Pingback: Big Bad Wolf Book Fair - Her Little Journal

Leave a Reply