Highlight, Home & Family, Work & Business
comments 2

Home Sweet Office: Merancang Ruang Kerja di Rumah

home office space-resize

Menjelang kepulangan saya untuk menjadi Working At Home Mom (WAHM), selain soal suka duka dan tips trik bekerja dari rumah saya juga banyak cari tahu mengenai ruang kerja di rumah alias home office space. Hal ini penting karena dari artikel-artikel yang saya baca soal working from/at home, semua mewajibkan hal yang sama: sediakan ruang / space khusus untuk bekerja, so you can still separate your personal life and you professional matters. Sebetulnya sejak awal saya sudah kepikiran soal ini dan alhamdulillah rezeki kami dapat rumah yang lumayan lapang sehingga bisa saya jatahkan untuk perpustakaan dan ruang kerja (sebelum nantinya dibagi untuk kamar anak).

home office space 04-resize

Waktu mempersiapkannya, saya lumayan banyak browsing soal ‘tips-trik’, ‘how to’, ataupun ‘do & don’ts’ soal ruang kerja di rumah ini. Berhubung sekarang ‘Home Sweet Office’ saya sudah jadi, saya pikir cukup menarik untuk merangkum poin-poin soal ruang kerja di rumah dari artikel-artikel yang saya baca serta menuliskan apa yang saya terapkan di rumah sendiri. Siapa tau bisa dicoba oleh teman-teman yang ingin memulai kerja dari rumah juga :)

  • Jangan campur ruang kerja dengan ruangan untuk kehidupan pribadi
    Seperti yang telah saya sebutkan di awal, ini merupakan hal yang selalu ditekankan soal home office space. Ketika kita memang berniat untuk bekerja dari rumah secara profesional, sebaiknya pisahkan tempat kerja dari ruang keluarga apalagi kamar tidur. Ini membantu untuk membangun suasana kondusif dan menghindarkan diri dari melihat kasur dan selimut lalu berpikir, “Rebahan sebentar ah…” :p Dari beberapa artikel yang saya baca, jika memang nggak tersedia ruang khusus maka bisa diakali dengan partisi yang bersifat dekoratif, praktis (misalnya tirai), maupun fungsional (misalnya lemari buku atau lemari perlengkapan kerja) seperti yang ada di artikel ini dan ini.
  • Pilih tempat yang nyaman
    Walau nggak semua rumah dirancang untuk memiliki tempat kerja khusus, usahakan untuk memilih tempat yang nyaman. Untuk saya pribadi, lebih baik mempartisi kamar atau ruang keluarga dibandingkan menyulap gudang untuk dijadikan ruang kerja. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan misalnya:

    • Sirkulasi udara ruangan termasuk apakah memungkinkan atau tidaknya penggunaan AC
    • Pencahayaan baik pencahayaan natural maupun penggunaan lampu
    • Kelembaban ruangan
  • Sesuaikan dengan kebutuhan
    Beberapa pekerjaan misalnya illustrator yang masih hobi menggambar manual seperti saya membutuhkan meja yang lebih besar untuk kertas gambar ataupun drawing tablet. Untuk pada penulis lepas, ukuran meja boleh jadi diminimalkan jika hanya bekerja dengan laptop. Untuk para crafter, meja komputer bisa juga diperkecil agar ada space untuk meja yang paling nyaman digunakan untuk crafting. Bagi para blogger atau content creator ada baiknya menyiapkan tempat yang foto & videogenik.
  • Keep things minimal and be organized
    Siapkan tempat untuk semua hal: alat tulis kantor, alat gambar, kertas, dokumen, dll. Usahakan jangan ada tumpukan kertas atau sesuatu berserakan di atas meja. Do these 3 steps: 1) Sort and label everything, 2) put everything on its place, and 3) clear off the top of your desk. One of the keys is: Declutter ruthlessly. Berikut link yang menarik untuk dicek.home office space 02-resize
  • Add some greenery
    Beberapa artikel menyarankan untuk menambahkan penghijauan kecil-kecilan di dalam ruangan karena katanya akan membuat mata rileks (walaupun sepertinya yang paling bikin rileks mata ya duit seratus ribuan warna merah merona ya…). Saya sendiri hanya menambahkan tanaman plastik. Mungkin ide untuk menambahkan terrarium bisa dicoba. Untuk yang betul-betul suka tanaman hidup (which I’m honestly not) bisa cek link berikut :)
  • Make it smell good!
    Mungkin ini nggak berlaku untuk semua orang karena saya pun tipe yang nggak mewajibkan yang harum-harum selama nggak ada bau yang mengganggu. Namun mungkin trik mengaplikasikan pengharum ruangan tertuntu bisa dicoba untuk meningkatkan mood dan produktivitas.
  • Pilih kursi yang nyaman
    Ini juga merupakan salah satu poin yang ada hampir di setiap artikel yang nggak terlalu saya perhatikan sebelumnya. Waktu di kantor dulu saya kan ‘nrimo’ apa pun yang dikasih kantor dan untungnya kantor selalu memikirkan aspek HSE sehingga kursi-kursinya selalu ergonomis. Begitu harus memilih sendiri singgasana kerja saya, saya pun bingung. Kalau saya pribadi memilih kursi kerja standar yang penting bisa diputar dan diatur ketinggiannya. Namun saya menyediakan bean bag tambahan untuk ‘selonjoran’ sebentar, hihi.
    home office space 05-resize
  • Stay hydrated
    Ini adalah tips special dari saya. Sejak saya masih ngantor betulan, saya selalu menyediakan 3 botol air mineral ukuran sedang di meja untuk dihabiskan. Minum air putih penting banget apalagi kalau ruangan kerja kita full AC. Sisakan space di meja yang cukup mencolok untuk meletakkan gelas / botol air mineral. Jika kita termasuk orang yang clumsy atau membutuhkan banyak manuver tangan saat kerja, usahakan memilih wadah plastik yang bertutup just in case kesenggol jadi nggak membuat tsunami mini :p
  • …but be wise with the snacks
    Ada beberapa orang yang harus ngemil sambil bekerja dan meningkatkan produktivitas. Menurut saya sih oke-oke saja selama remah-remah serta minyaknya nggak bikin kotor. Based on my experience, keeping your working space clean is more important for productivity!
  • Letakkan To-Do-List di tempat yang mencolok
    Bagi saya To-Do-List adalah salah satu bagian paling penting yang harus ada di space kerja sehingga harus terlihat di depan mata. Saya adalah tipe selalu membuat To-Do-List non-digital karena selalu ada kepuasan tersendiri saat mencoret atau membuat tanda cek poin demi poin, hehehe. Saya memilih menggunakan white board untuk To-Do-List untuk mengurangi penggunaan kertas.
  • Berikan sentuhan personal
    It’s one of the most fun things! You can decorate your own space with whatever suits and inspires you. Although some people prefer the wall to be clean and minimal, I love putting a lot of things to cheer myself up. Beberapa artikel mengatakan bahwa salah satu dekorasi yang oke adalah yang memotivasi kita untuk bekerja misalnya tempat liburan impian atau foto benda yang ingin dibeli :p
    home office space 03-resize
  • Make it safe
    Jika memang ada benda-benda atau properti berharga di ruang kerja sebaiknya siapkan laci, kabinet, atau tempat penyimpanan yang dilengkapi dengan kunci.
  • Clean up and declutter regularly
    Lakukan beberes dan bebersih secara rutin, misalnya sebulan sekali, agar nggak banyak benda-benda atau dokumen yang sudah nggak digunakan menumpuk di ruang kerja.

Demikian dulu dan semoga bermanfaat. Kalau ada yang ingin menambahkan silakan berkomentar ya :D

2 Comments

  1. aziza says

    Ihh kakakkk, pas bangett. Aku lagi mikir2 mau bikin space di rumah buat kerja, soalnya kerjaan yang dbawa pulang justru jatuhnya sering terbengkalai sejak pindah ?
    Makasiii yah ka! Bermanfaat~ ?

Leave a Reply