Books, Pregnancy, Review
comment 1

Buku Seputar Bayi & Parenting

parentingbook-1

Minggu ini usia kehamilan saya sudah 35 minggu, wawawawaaa :D excited

Alhamdulillah, barang-barang yang harus disiapkan untuk newborn baby dan ibu pasca persalinan sudah hampir lengkap-kap-kap, kecuali stroller dan car seat karena masih hunting, hehe. Basically, saya nggak punya spesifikasi idaman tertentu, yang penting bisa dipakai dari usia new born sampai agak besar. Namun justru karena nggak neko-neko itu justru jadi terlalu banyak pilihan dan belum memutuskan. Selain kedua benda tadi, yang baru saya persiapkan ala kadarnya adalah mainan bayi icik-icik. Yah, siapa tau nanti dapet kado ya, Nak. elus elus perut sambil kode-kode :p

Selain melengkapi peralatan perang, saya juga sudah registrasi persalinan di RS Hermina Bekasi, mulai merutinkan jalan pagi, mengulang-ulang beberapa gerakan senam hamil di rumah, ikut kelas laktasi, minta tolong asisten rumah tangga tersayang untuk mencuci pakaian dan perlengkapan baby, serta waxing. Yang belum sempat dan mau saya lakukan adalah, ikut kelas / seminar seputar persalinan bersama suami, packing perlengkapan ke rumah sakit, serta mungkin pampering di salon, hihi. Rencananya nanti saya mau posting terpisah untuk sharing soal waxing (jeng jeng!) dan packing perlengkapan ke RS.

Nah, di post kali ini saya ingin sharing sedikit soal salah satu yang ada di check list last trimester ala saya yaitu: baca-baca buku referensi tentang tumbuh kembang bayi dan parenting.

Sempat Tidak Sempat

Beberapa teman yang membaca blog saya ada yang berkomentar sambil bercanda, “Jadi sempat baca buku-buku soal bayi dan parenting, Put?” atau, “Nanti juga bubar kok semua teori, praktekin aja langsung teori ibu mertua kalau anaknya udah lahir.” Haha, kalau sudah bawa-bawa ibu mertua nyerah aja deh :p Namun kalau ditanya sempat tidak sempat, sebetulnya menurut saya pasti bisa disempat-sempatkan sebelum tidur, plus bisa dijadikan bahan pillow talk dengan suami.

Well, saya pribadi termasuk orang yang lebih suka menggali informasi dari membaca ketimbang bertanya. Selain itu menurut saya (menurut saya loh yaa, hehe):

  • Membuat kita lebih kritis terhadap mitos-mitos dan kebiasaan turun temurun dari orang tua
  • Dengan membaca beberapa sumber kita tidak terpatok hanya pada satu pendapat / aliran saja, termasuk terpatok pada satu obgyn atau dokter anak saja
  • Topik yang tidak terlalu urgent bisa dibaca ‘cepat’ sebelum kelahiran dan dibuka-buka lagi saat dibutuhkan untuk referensi, yang penting kita tau ada bagian dari buku yang membahas topik tersebut
  • Baca buku menimbulkan setidaknya sedikit rasa PD buat saya yang totally zero experience soal mengasuh anak.  Walaupun nanti waktu praktek pasti beda sekali dengan teori, hehe

Buku ‘Luar Negeri’ vs ‘Dalam Negeri’

Sampai di minggu ke-35 kehamilan ini saya membaca 4 buku seputar baby & parenting, 2 buah buku impor hasil hunting di Big Bad Wolf Book Sale, ‘Your Baby’s First Year’ oleh tim Majalah Practical Parenting UK, dan ‘Baby’ karya Desmond Morris, dan 2 buah buku lokal yaitu ‘Anti Panik Mengasuh Bayi’ oleh Tiga Generasi dan ‘A-Z Perawatan Bayi’ oleh dr. Fransisca Handy, SpA.

baby-books

Saya nggak akan mereview atau membahas banyak soal buku Your Baby’s First Year’ dan ‘Baby’ karena kalaupun saya rekomendasikan, saya nggak tau dimana belinya :p Namun yang saya rasakan ketika membaca buku ‘luar’, buku-buku tersebut lebih objektif ketika menjelaskan hal-hal seperti pilihan ibu untuk tidak menyusui dan memberikan anaknya susu formula, mertua vs babysitter vs daycare, bahkan parenting untuk para single mommies. Sementara di buku-buku untuk pasar Indonesia, sejauh yang saya amati, semuanya sangat pro-ASIX, IMD, dan meng-encourage para ayah untuk berpartisipasi dalam tumbuh kembang anak.

Not that I say that one is better than another, tapi seperti yang saya sebutkan, ketika kita membaca dari beberapa sumber kita akan lebih bijaksana dalam menghadapi perbedaan pendapat dalam parenting maupun perbedaan kondisi setiap keluarga :)

Review Singkat

Saya akan review sedikit kedua buku ‘dalam negeri’ yang saya baca ya :) Sebetulnya kalau ditanya kenapa memilih kedua buku ini, karena memang yang terlihat dan menarik mata waktu jalan-jalan ke Gramedia, hehe.

parentingbook-a‘Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun’
oleh Tiga Generasi
Wahyu Media
404 halaman full color

Walaupun terbilang tebal (400 halaman lebih) tapi buku ini mudah dan menyengankan banget untuk dibaca karena lebih mirip kumpulan infografis dengan tulisan yang straight to the point dan gambar-gambar yang besar.

Secara sistematis buku ini menjelaskan hal-hal yang perlu diketahui orang tua pada tahap perkembangan per-6 bulan; mulai dari kenapa bayi menangis, pola tidur bayi, mengenal emosi, mengenalkan buku pada anak, gerakan tutup mulut (GTM) sampai cara mengenalkan perilaku seksual kepada anak.

Walaupun sebagian besar penulisnya adalah psikolog, namun pembahasannya nggak hanya soal psikologi tapi juga mencakup hal-hal teknis dan medis seperti penyimpanan ASI perah, pemijatan pada bayi, sampai tindakan pada saat anak mimisan. Buku ini juga menyelipkan topik untuk orang tua misalnya bagaimana tips trik ‘Me Time’.

parentingbook-2

parentingbook-3

Oh iya, buku ini dilengkapi ‘Mitos vs Fakta’ all over the book. Mitos-mitos yang dibahas tentu banyak yang sudah nggak asing lagi untuk kita, jadi menarik untuk disimak.

*

parentingbook-b‘A-Z Perawatan Bayi’
oleh dr. Fransisca Handy, SpA
Pustaka Bunda (Puspa Swara)
168 halaman full color

Berbeda dengan buku ‘Anti Panik’, buku ini jauh lebih tipis namun sarat dengan infromasi. Pembahasannya pun lebih teknis, mungkin karena ditulis oleh dokter. Banyak juga info-info yang dirangkum dalam tabel sehingga cocok dijadikan referensi.

Untuk buku ‘A-Z Perawatan Bayi’ ini, pembahasan dimulai dari persiapan sebelum kelahiran dan hingga usia 12 bulan. Terdapat juga info-info kuantitatif seperti kurva pertumbuhan dan perkembangan bayi sampai timeline imunisasi.

parentingbook-4 Kesimpulannya, kedua buku ini saling melengkapi dan saya rekomendasikan :)

Semoga bermanfaat!

1 Comment

Leave a Reply