Wanderlust
comment 1

On WanderList: Keindahan Alam Indonesia di Makassar

Disclaimer: foto-foto yang ada dalam post berikut bukan milik saya, sumber foto tercantum pada artikel.

Sudah jadi ‘pengetahuan / permakluman umum’ ketika berubah status menjadi ‘married with child(ren)’, traveling nggak akan sefleksibel saat belum punya momongan apalagi dibandingkan saat lajang. Sejak hamil saya sebetulnya sudah paham dan menyiapkan diri untuk menunda segala angan jalan-jalan yang membutuhkan banyak tenaga dan, ehem, biaya. Namun yang namanya ‘kaki gatel’ bikin saya tetap browsing-browsing travel blogs juga merencanakan berwisata walaupun realisasinya belum jelas kapan, hehe.

Salah satu yang ada dalam ‘WanderList’ saya adalah Makassar. Dulu waktu di Balikpapan saya beberapa kali ingin ke Makassar termasuk waktu diadakan Makassar International Writers Festival, sayangnya selalu berhalangan. Sekarang waktu browsing-browsing lagi rasanya agak menyesal deh :p

Semua keluarga dan teman yang sudah pernah ke Makassar akan langsung bilang, “Makassar tuh tempat wisata kuliner banget, makanannya enak-enak.” Namun selain kulinernya, kalau dari foto-foto dan hasil browsing, Makassar merupakan salah satu wilayah di Indonesia Timur yang menyimpan keindahan alam menakjubkan dan mempesona. Ibukota dari Provinsi Sulawesi Selatan ini termasuk kota yang diakui oleh dunia Internasional dan merupakan kota terbesar di Indonesia Timur. Kalau bicara sejarah, dulu Makassar pernah menjadi ibukota negara Indonesia bagian Timur. No wonder lah ya.

Untuk berangkat ke Makassar dari Jakarta, dari hasil browsing pencari tiket andalah, Traveloka, aku tertarik untuk naik pesawat Sriwijaya dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Hasanuddin. Coba deh cek tiket Sriwijaya di Traveloka untuk dapat harga terbaik, karena ada banyak diskon promo tiket pesawat yang bisa didapatkan. Apalagi kalau mau traveling bersama keluarga seperti saya, lumayan banget kalau ada promo kan? :D Also, as one of my golden rules seperti yang aku pernah tulis di sinikalau ingin jalan-jalan pesanlah tiket pesawat dari jauh hari. Selain potongan harganya lebih besar, jadi nggak perlu khawatir kehabisan tiket.

Oh iya, jadi saya mau sharing hasil ‘riset kecil-kecilan’ soal keindahan alam Indonesia di Makassar. Berhubung belum pernah ke sana langsung, jadi gambar-gambarnya saya ‘minta’ dari web/blog lain yang saya cantumkan sumbernya ya, hehe. Berikut beberapa obyek wisata yang direkomendasikan berikut ini yang pasti menakjubkan dan tak terlupakan.

Kalau teman-teman ada yang mau menambahkan rekomendasi ‘must visit’ di Makassar tambahin di bagian komentar ya :D (Ya biar makin semangat mewujudkan rencana jalan-jalannya setelah Antariksa cukup kuat, hehe)

Taman Laut Taka Bonerate
Untuk menyaksikan keindahan bawah laut, Makassar punya Taman Laut Taka Bonerate yang ada di Kota Benteng, Kepulauan Selayar. Taman ini bisa jadi surga bagi para penyelam (Oh, I kinda miss diving…) karena ada ratusan jenis satwa laut, mulai dari ikan-ikan hias beraneka warna yang cantik sampai penyu yang langka.

Dari yang saya baca, terumbu karang indah di sini juga masih terawat dan terjaga. Rekomendasi untuk mengunjungi taman laut ini adalah bulan April-Mei karena kondisi laut sedang mendukung. Biaya masuknya pun terjangkau, hanya sekitar Rp25.000 (per 2016). Sementara itu untuk perlengkapan menyelamnya bisa disewa dengan biaya kurang lebih Rp250.000.
makassar1

Sumber foto: ivacanza.co

Rammang-Rammang, Pengunungan Karst
Sebagai geologist, obyek wisata ini pasti on the must-visit-list. Rammang-rammang adalah Pegunungan Karst (pegunungan kapur) yang berada di Desa Salenrang, Kabupaten Maros. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari Makassar namun mudah dijangkau. Selain pegunungan kapur ada Taman Hutan batu kapur, Telaga Bidadari, gua-gua, wisata Sungai Pute dan Kampung Berua.

Pegunungan Karst Rammang-Rammang ini salah satu pegunungan Karst terbesar di dunia dan sungainya sangat jernih. Namun katanya untuk bisa menjelajahi tempat ini, butuh stamina yang kuat untuk naik turun bukit-bukit Karst yang menjulang indah. Selain itu untuk eksplorasi dari sisi lain, di sini juga ada perahu untuk menyusuri sungai.

Oh iya, hasil browsing-browsing saya menemukan fakta bahwa tidak seperti ‘image’ bukit kapur yang panas dan gersang, udara di sini sangat sejuk karena ada banyak pepohonan. Sayangnya, di daerah ini belum ada penginapan, jadi kalau ke sini sebaiknya dilakukan seharian (day trip) dan kalau mau bisa kembali lagi besoknya. Sebelum masuk pegunungan kapur ini, ada hamparan sawah yang luas terlewati. Cocok banget sepertinya untuk getaway bersama anak dari kota besar dan memperlihatkan pemandangan yang nggak bisa dilihat sehari-hari.

Taman Nasional Bantimurung
Masih di Kabupaten Maros terdapat Taman Nasional Bantimurung dengan luas mencapai 43.750 hektar. Di dalamnya ada juga bukit kapur, gua, dan air terjun yang cantik. Jadi apa yang special? Taman yang ditemukan oleh Alfred Wallace, seorang ahli botani yang berasal dari Inggris, ini disebut juga Kerajaan Kupu-kupu. Terdapat ratusan jenis kupu-kupu yang kemudian dijadikan maskot dari taman nasional ini. Nggak heran depan pintu gerbangnya ada patung kupu-kupu berukuran super besar!

makassar2

Sumber foto: karenass.com

Kebun Teh Malino
Dataran tinggi Malino adalah salah satu spot yang paling bikin saya, “OMG, Let’s go there!” waktu lihat foto-fotonya di sini. Dataran tinggi dengan Kebun Teh Malino ini terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Jaraknya sekitar 90 kilometer dari Kota Makassar. Kebun teh ini dikelola oleh Malino Highlands. Luasnya sekitar sembilan ratus hektar, dan dari fotonya saja dapat dibayangkan sejuk dan segarnya jalan-jalan di perkebunan teh ini.

Untuk menginap, di sini terdapat villa-villa dan rumah peristirahatan. Ada juga hotel-hotel yang nyaman untuk liburan dengan keluarga. Biaya retribusi untuk masuk ke dalam kawasan perkebunan teh ini adalah Rp50.000 untuk orang dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak. Untuk rate villanya berkisar antara Rp1.750.000 sampai Rp10.000.000. Salah satu info menarik yang saya dapat, penginapan-penginapan di perkebunan ini bergaya Jepang, loh. Sugoi! :D

Di area ini juga terdapat air terjun dan kebun binatang kecil. Terdapat juga sebuah kafe lucu di tengah-tengah kebun teh bernama Kafe Green Pekoe. Kafe ini memiliki menu unggulan tah hijau spesial. Selain itu masih ada permainan paralayang dan bungee jumping.

makassar-6

Sumber foto: indonesiakaya.com

Totally sounds like a great idea!

Oke sekian dulu post kali ini. Semoga Antariksa bisa cepat diajak jalan-jalan deh ya, biar ini nggak sekedar jadi angan semata.

Jangan lupa, kalau ada yang mau menambahkan rekomendasi tempat wisata alam yang oke di Makassar, silakan tulis di bagian komentar ya :D Eh, rekomendasi wisata kuliner pun nggak apa deh, hihi.


Sumber foto utama: indonesiakaya.com

1 Comment

  1. LOL. I am originally from Makassar, let me know when you hit the city :) Be glad to share some more information about it. especially local food

Leave a Reply