Artwork, Books, Highlight
comments 12

Let’s Go Reading ’17

Pada Juli 2015 saya menulis soal minat baca di Indonesia berjudul ‘I Think Indonesians Should Make “Reading” Cool Again’. Kemudian pada Desember 2015 saya memutuskan untuk melakukan sebuah langkah kecil yaitu membagikan 1 set free printables (untuk didownload dan dicetak sendiri) berisi pembatas buku, mini poster, template daftar bacaan dan sticker dengan tulisan “Let’s Go Reading ’16” berhiaskan ilustrasi saya. Harapan saya sederhana: agar orang-orang di sekitar saya (keluarga, teman, pembaca blog atau follower Instagram) membaca (lebih banyak) buku (lagi) lalu menyebarkan semangat & hobi membaca kesekitarnya, dan begitu seterusnya.

Saya melakukan ini karena saya percaya banget kalau membaca adalah kebiasaan baik yang perlu digiatkan dan ditingkatkan di Indonesia. Mengulang apa yang saya tulis di sini, saya pikir banyak persoalan sosial di Indonesia yang berkorelasi dengan kurangnya minat baca atau kemampuan untuk menyerap informasi tertulis, misalnya pemikiran yang sempit bahkan tertutup saat berdiskusi, fanatisme buta, provokasi berita bohong, ketidakmampuan menganalisis poin dari sebuah pernyataan atau konteks dari sebuah peristiwa. (I’m open for further discussion about this)

Saya juga percaya banget bahwa kebiasaan membaca akan membuat pikiran lebih maju dan hidup lebih baik. Oleh karena itu, saya, semampu saya ingin berusaha untuk terus menyebarkan semangat membaca buku dan terus berharap orang-orang sekitar saya juga akan meneruskannya. Mungkin ini kecil tapi saya pikir memang harus dimulai dari hal kecil, dari saya sendiri dan dari sekarang.

Tahun ini saya kembali berbagi satu set printable ‘Let’s Go Reading ’17’ gratis yang terdiri dari:

  • Bookmarks (pembatas buku)
  • Reading list template (template daftar bacaan)
  • Sticker pack

Silakan download dengan klik kanan lalu ‘Save Link As’ atau ‘Save Target As’ thumbnails di bawah ini. Setelah mendownload, teman-teman dapat mencetaknya di kertas ukuran A4, kemudian setelah dipotong-potong hasilnya bisa dipakai sendiri atau dibagikan kepada orang lain.


Untuk pembatas buku saya merekomendasikan untuk dicetak di kertas putih yang agak tebal seperti Concorde, untuk reading list template bisa dicetak di kertas A4 biasa (70-80gr) sedangkan untuk sticker pack sebaiknya dicetak di kertas sticker (namun jika tidak ada kertas sticker bisa dicetak di kertas biasa kemudian ditempel dengan double tape).

Setelah dicetak, beginilah penampakan printables Lets Go Reading ’17:

Masih sama seperti tahun sebelumnya, teman-teman semua bisa mendownload, mencetak, dan menyebarkan sebanyak-banyaknya. Boleh diberikan ke adik, kakak, sepupu, keponakan, anak tetangga, teman, bahkan random strangers yang kita temui di sekitar perpustakaan atau toko buku.

Semoga kita semua terus membaca buku dan bisa menyebarkan semangat serta kebiasaan baik ini kepada lebih banyak orang; untuk Indonesia yang lebih maju dan cerdas!

Let’s do it! Let’s go reading!

12 Comments

  1. Keren banget Put! Aku juga sempet oret-oret pingin bikin kampanye menularkan minat baca, tapi baru jadi oret-oret aja tuh ;) Nanti mau aku adopsi ah paket Let’s go reading 2017, boleh ya?

    • Thank youu… Silakan bangett Dit :’)) Mungkin bisa diadopsi sekalian desainnya dibuat lebih dewasa untuk variasi dan disebarkan, hihihi…

  2. tengkyuuuuu banget mba Puty :D aku awalnya baca blog mu gara2 mau tau soal persiapan pernikahan, tapi ternyata content-nya bagus-bagus jd baca post-post yg lain juga :) Thanks ya mba

  3. rizki indah pujihastuty says

    keren banget mbak puty.. aku termasuk yang suka baca blog mu inii.. awalnya karena baca traveling ke australia.. lama2 nagih baca yang lain.. hehehe.. anyway, izin minta bookmark nya.. thankyuuu.. :)

  4. Asalamu’allaikum mbk, saya selama ini jadi pembaca aja, sekarang mau nongol dikit hehe, anyway makasih ya mbk put, semoga tahu ini semangat membaca bisa menular ke saya hehe, salam buat dede antariksa ya mbk :)

    • Waalaikumsalam Wr Wb. Terima kasih Mbak sudah membaca. Aamiin… Semoga semangat terus membacanya ya :)

  5. Terima kasih banyak mbak puti.
    Jarang-jarang ada yang ngasih printable lucu, gratis pula ^^
    Sukses terus buat Mbak Puti :D

  6. Yuniasih Warjui says

    Kenal mba puty lewat IG #sokkenal :-D
    Semoga semangat baca sama nulis mba puty nular ke saya aamiin
    Hihi salam kenal dari saya ya mba puty
    Yuni di Purwokerto :-)

Leave a Reply