Review, Wanderlust
comments 4

Staycation at Aston Bogor

Sebelum liburan Natal kemarin, saya, suami, Antariksa beserta Bunda dan Zakki, adik saya, curi start untuk sedikit refereshing ke Bogor. Saya yakin untuk sebagian orang, pergi ke Bogor lebih terdengar seperti commuting dibandingkan liburan. Namun demikian, bagi orang Jadebotabek seperti saya dengan bayi berumur <3 bulan, Bogor is actually not a bad idea.

Kenapa not a bad idea? Karena nggak terlalu jauh dari Jadetabek (makanya saya lebih suka menyebutnya ‘staycation’), banyak makanan enak, dan lumayan kok, masih bisa lah dapat pemandangan gunung, hehe. Bogor juga punya cukup banyak tempat rekreasi keluarga, walaupun ya tentu saja macet dan penuh sesak, apalagi di akhir pekan. Kalau mau nggak terlalu ramai tentu rumusnya: hindari waktu libur, hehe :p

Namun, berhubung tema kali ini (dan mungkin setahun kedepan) adalah traveling with baby, tentu jalan-jalan ke tempat rekreasi semacam Kebun Raya Bogor atau Jungle Fest nggak masuk agenda. Itinerary kami cuma:

  • Sampai di Bogor, makan siang
  • Jajan Macaroni Panggang dan Lasagna Gulung untuk makan di hotel karena ini adalah jajanan wajib Bunda saya kalau ke Bogor (psst, dan berhubung letaknya di daerah wisata kuliner, jadi sekali jalan banyak tempat jajanan enak terlewati hihi)

    Macaroni Panggang & Lasagna Gulung: Jl. Salak No. 24, Bogor

  • Stay di hotel sampai check out (nah, ini yang mau saya tulis sebetulnya)
  • Beli oleh-oleh lalu pulang

Was it good? YES! Bringing baby (especially newborn) is absolutely a game changer. The baby itself is a big part of the adventure. Ekspektasi saya nggak tinggi: ganti suasana sedikit namun anak bayi tetap nyaman dan sehat.

Kami menginap di ASTON Bogor. Sebetulnya saya sudah beberapa kali menginap di sini, namun setelah jadi ibu saya jadi lebih memperhatikan fasilitas dan kenyamanannya untuk liburan keluarga dengan membawa bayi / anak-anak. Sebelum bicara kenyamanan dan fasilitas lainnya, saya harus bilang kalau hotel ini punya bentuk yang unik yaitu dipisahkan (atau disatukan?) oleh sungai sehingga tampak alami banget. Untuk menuju kamar dari lobby, tamu harus melewati jembatan kaca yang Instagramable. (((Instagramable)))

Jembatan kaca yang ikonik itu

Mari lanjut bicara kenyamanan. Salah satu hal yang saya suka dari ASTON Bogor adalah tersedianya tipe kamar condotel alias condominium hotel. Kami ambil unit condotel dengan 2 kamar tidur dan rasanya lebih homy karena cukup luas untuk kumpul keluarga dan main anak-anak. Terdapat space untuk makan dilengkapi dengan kulkas dan microwave jadi bisa dengan mudah menyimpan dan menghangatkan makanan dan jajanan yang dibeli sebelum check in, hehe.

Biasanya kami request lantai agak atas dengan view menghadap gunung. Kira-kira masih dapat pemandangan pagi seperti ini:

View from our room

Nah, selanjutnya bicara fasilitas. Bagi saya, ASTON Bogor cocok banget untuk staycation bersama bayi dan anak-anak karena memang kita nggak harus keluar hotel untuk jalan-jalan menghirup udara segar, guling-guling di rumput, berenang dan main bersama bocah-bocah. Semuanya ada di area hotel: kolam renang anak dan dewasa (luas!), gym, kids club, kids playground kecil, jogging track, dan tentu saja: taman-taman yang asri. Berdiri di lahan yang luas, kita bisa jalan kaki keliling hotel yang hijau menyejukkan mata, tak lupa dilengkapi dengan unggas-unggas yang biasanya jadi objek menarik buat anak-anak (di dalam kandang tentunya hehe). Oh iya, ada juga lapangan rumput yang bisa digunakan untuk outbound.

Kerjaan kami pun ya jalan-jalan sebentar, kembali ke kamar untuk ngeteh dan ngemil, berenang, kembali ke kamar, makan (lagi!), leyeh-leyeh sambil ngobrol dan menikmati kesejukan Bogor melalui pintu balkon yang dibuka. Sederhana tapi berkualitas deh :D

Area hijau di hotel

Jogging track

Kids club

Kids playgorund

Kolam renang untuk dewasa

Kolam renang untuk anak-anak

Mohon maklum foto-fotonya terbatas karena saya baru kepikiran untuk menulis ini di blog ya setelah check out dengan happy, hihi.

Kesimpulan? Recommended untuk santai-santai bersama keluarga dan anak-anak.

Aston Bogor Hotel & Resort
Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded Pahlawan, Bogor, 16132
(0251) 8200300


Ada yang sudah pernah menginap di Aston Bogor? Atau ada yang punya ide lain untu staycation bersama bayi / anak-anak yang nggak terlalu jauh dari Jadebotabek? Boleh share ya di comment, hihi, siapa tau bisa saya contek ide pikniknya :D

4 Comments

  1. hahahah puciii, kok itinerary-nya sama kek aku waktu staycation ke rancamaya kemarin.
    staycation itu menyenangkan ya. liburan tanpa mikir, santay benerrrr.

  2. Cobain kemping di Gunung Pancar jeng. Enak. Bersih. Mudah dibanding lokasi kemping ground lainnya. Dan dekat – literally next to Sentul.

Leave a Reply