Daily Life, Review
comments 4

Skin Care Newbie – Produk Skin Care Apa Saja Yang Saya Pakai (Part 3)

Sudah 6 bulan sejak saya mencoba melakukan 10 steps Korean skin care routine. Bulan Maret lalu di part 1 saya menulis tentang ‘enlightenment’ yang bikin saya ingin disiplin merawat kulit wajah. Kemudian di bulan Mei, saya menuliskan part 2 berisi tahap-tahapnya serta progressnya setelah dua bulan. Nah, kali ini saya akan menunaikan janji saya untuk menulis produk-produk apa saja yang saya pakai.

Kenapa kok baru sekarang? Karena jujur saja, beauty and skin care bukan topik yang saya kuasai sehingga saya takut kalau-kalau ‘menyesatkan’ yang membaca. Oleh karena itu saya memutuskan untuk menunda posting soal produk kalau saya belum betul-betul yakin. Setelah 6 bulan pemakaian, sempat ganti, sempat repurchase juga, barulah saya pikir layak untuk sharing. Hehehe.

Walaupun judulnya Korean tapi yang saya pakai nggak semuanya skin care Korea. Berikut produk-produk plus review cepat untuk 10 steps Korean skin care routine saya:

1. Makeup remover & oil cleanser

Garnier Micellar  Cleansing Water
Harga: +- Rp.30.000-an
Beli di: supermarket atau drugstore terdekat
Sebetulnya ini harusnya diisi oleh oil based cleanser yang gunanya untuk menghapus make up. Namun berhubung saya jarang pakai make up tebal, paling-paling hanya kalau kondangan, sehingga pakai Garnier Micellar Cleansing Water ini cukup. Mudah didapat dan harganya bersahabat.

Oh iya, kadang kalau nggak make up-an dan cuma jalan-jalan keliling komplek, sebelum sabun cuci muka saya pakai Sensatia Botanicals Facial Cleanser. Nggak ada di foto namun pernah saya tulis di sini.

Recommended? Oke lah.

2. Water-based cleanser (sabun cuci muka)

Hada Labo Gokujyun Face Wash
Harga: +- Rp.30.000-an
Beli di: supermarket atau drugstore terdekat
Berdasarkan hasil browsing-browsing dan tanya-tanya sama teman, sebetulnya pada tahap cuci muka ini, produk nggak akan menempel terlalu lama. Jadi selama bisa membersihkan, nggak bikin kering dan nggak bikin jerawatan, it’s a go. Saya pakai Hada Labo Gokujyun untuk sehari-hari dan merasa cocok. Awet, dan harganya terjangkau.
Recommended? Yes.

Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash
Harga: +- Rp.40.000-an
Beli di: supermarket atau drugstore terdekat
Saya pakai sabun cuci muka ini setiap mau exfoliation, jadi nggak setiap hari. Memang kalau dibandingkan dengan yang Gokujyun di atas, pakai ini minyak-minyak dan debu-debu rasanya keangkat dan go go away.
Recommended? Yess!

3. Exfoliation

Tamagohada Mild Peeling Lotion
Harga: +- SGD 18-an
Beli di: Watsons Singapore, tapi bisa cari di online shop atau jastip-jastip
Saya direkomendasikan oleh teman produk ini dan cocok, setelah dipakai muka terasa kinclong, dan nggak ada breakout. Biasanya saya pakai 2-3x seminggu, diteteskan ke kapas lalu dipuk-puk-an ke seluruh wajah.

Recommended? Well, yes, tapi kalau sudah habis mungkin mau coba yang lain deh, hehehe.

4. Toners

Laneige White Plus Renew Refiner
Harga: +-  Rp.300.000-an
Beli di: Online shop atau counter Laneige
Ini adalah salah satu produk pertama yang saya coba dan saya sangat puas. Enak dipakai, diteteskan ke jari cukup 2-3 tetes lalu langsung diusapkan ke wajah. Wajah terasa segar dan siap memakai rangkaian produk lainnya.

Nah, kemarin ini dengan sok taunya, waktu ke Singapura saya coba beli toner lain, Hada Labo Gokujyun Light. Saya pikir, “Ah, toner sih nggak pengaruh-pengaruh banget kali ya.” Eh ternyata setelah dua minggu pemakaian kok kulit jadi berminyak, kusam, dan muncul beberapa white head. Akhirnya saya kembali ke Laneige dan baru saja repurchase ukuran aslinya.

Recommended? Yesss!!!

5. Emulsion

Laneige White Plus Renew Emulsion
Harga: +-  Rp.350.000-an
Beli di: Online shop atau counter Laneige
Emulsion ini adalah pasangannya refiner / toner yang saya jelaskan di atas, dipakai sebelum essence / serum. Produk ini juga saya sudah cocok banget dan awet banget karena pakainya cukup sedikit-sedikit saja. Sebelumnya saya beli ukuran sample 50ml tahan 6 bulan.

Recommended? Yess!

6. Essence / Serum

Jujur kalau untuk serum saya belum dapet yang pas di hati nih :’)

Manyo Factory Galactomyces Niacin Special Treatment Essence
Harga: +-  Rp.250.000-350.000an
Beli di: Online shop
Essence ini adalah yang pertama kali saya pakai dan rutin saya gunakan selama 6 bulan. FYI, setelah pemakaian rutin 2x sehari selama 6 bulan, dari 50ml masih ada sisa 1/3 botol. Essence ini kalau dari browsing-browsing dapat rating bagus dari para penggunanya, walaupun menurut saya nggak sedahsyat yang saya harapkan.
Recommended? Oke lah, tapi habis ini saya mau coba essens lain ah.

Hada Labo Shirojyun Essence / Serum
Harga: +-  30 SGD
Beli di: Watsons Singapore
Saya coba essens ini karena ingin coba alternatif lain. Kalau dibandingkan Manyo Factory Essence yang saya sebutkan di atas, saya lebih suka yang Manyo Factory sih. Namun ya berhubung sudah beli, jadi mau saya tuntasin dulu. Setelah dua minggu pemakaian nggak ada efek yang bombastis. Oh iya, ada yang edisi Indonesia juga dengan harga yang lebih murah, tapi saya belum coba, hehehe.
Recommended? No.

7. Sheet masks

Untuk sheet mask saya sempat coba beli beberapa merek di online shop dengan harga <Rp.15.000. Harga segini bukan harga counter yaa… Soalnya kalau lihat di counter bisa 30 ribuan.

Tony Moly I’m Real Sheet Mask -> Makgeolli: Nggak enak, bikin berminyak dan muncul white heads.
Tony Moly Pureness -> Red Ginseng: Enak, bikin wajah terasa segar dan kencang.
Llang On The Skin -> Black Tea, Brown Algae Seaweed: Enak! Kemasannya lucu.
Welcos Jeju Natural -> Volcanic, Green Tea: Enak! Ini favorit saya sejauh ini. Yang varian Volcanic katanya memang untuk pore treatment, dan terasa besok paginya sepertinya pori-pori lebih kenceng.

By the way, untuk sheet mask, saya nggak pakai rutin ya. Jadi ya kalau mau me time aja. Sebulan paling-paling dua kali :P

8. Eye cream

Laneige Perfect Renew Eye Cream
Harga: +-  Rp40.000 (ukuran 3ml)
Beli di: Online Shop

Jujur aja menurut saya ini nggak ada efek apa-apa sama sekali, HAHAHA. Mungkin karena saya belum merasakan ada garis-garis halus di sekitar mata plus saya nggak terlalu masalah dengan kantong mata as I’ve been living with them all my life. Sepertinya habis ini saya nggak akan pakai eye cream lagi.

Recommended? No.

9. Moisturizer

Sebetulnya saya nggak pakai moisturizer lagi, namun untuk melembabkan sebelum tidur saya coba pakai:

Laneige Water Sleeping Mask
Harga: +- Rp.50.000 (sample size 15ml)
Beli di: online shop
Ini saya juga pakainya nggak rutin sih, soalnya sering kelupaan. Biasanya kan habis sholat Isya saya pakai rangkaian skin care yang utama. Nah, menjelang tidur udah kelupaan deh :p Kalau dari review orang-orang sih ini enak banget, apalagi untuk yang kulitnya kering. Setuju sih, harumnya enak, namun sepertinya habis ini saya nggak akan beli lagi deh soalnya nggak ada hasil yang gimana-gimana untuk saya yang kulitnya sudah lumayan berminyak ini, heheh.
Recommended? No.

Laneige White Plus Renew Capsule Sleeping Pack
Harga: +- Rp.20.000 (3ml)
Beli di: online shop
Nah, kalau ini mungkin produk favorit saya! Kecil, pemakaiannya nggak biasa, tapi hasilnya amazing banget! Jadi produk ini berupa gel yang dikemas seperti kapsul. Setelah dibuka, kita harus ‘aduk’ dulu supaya gel transparan dan esens warna putihnya tercampur dengan baik, baru bisa digunakan. Sayangnya packaging seperti ini bikin nggak higienis banget :’))) Jadi biasanya saya siapkan wadah yang tertutup rapat khusus untuk ini, karena sebetulnya satu kapsul cukup awet, bisa untuk >5 pemakaian kalau saya.

Hasilnya, kalau saya pakai ini malemnya, besoknya tuh muka berasa kinclong tapi nggak berminyak. So, YESSS, totally recommended!!!!

10. Sun protection

Innisfree Daily UV Protection Cream No Sebum SPF 35 PA+++
Harga: +- Rp.135.000 (3ml)
Beli di: online shop
Saya cocok banget sama sun protection yang ini karena dengan pemakaian sedikit aja sudah cukup, nggak bikin muka berminyak, dan kalau untuk saya cocok untuk base make up (ala saya… hahaha). Malah kadang-kadang kalau cuma pergi sebentar, saya nggak pakai bedak lagi :’))) So, yesss, it’s recommended!

Oke, demikian dulu dari saya. Semoga sharingnya berguna yaaa. Sekali lagi, results may vary ya. Saran saya, coba beli yang ukuran sample saja dulu, setidaknya untuk tau apakah bikin break out atau nggak.

Cheers!

Advertisements

4 Comments

  1. aku sempet nyobain 10 step korean skincare dan muka berasa jadi kayak tebel banget ? walupun udah di layer setipis mungkin tetep aja ga biasa, akhirnya kembali ke step skincare yg standar banget double cleansing-moisturizer-krim malam trus ya udah tidur ? Btw mba puty pake sheet mask / masker gitu juga ditimpa krim malam dan step2 lain ya setelahnya?

  2. Pingback: Skin Care Newbie – 10 Step Korean Skin Care Routine 2 Bulan (Part 2) - Puty's Journal

  3. Aku juga suka sabun mukanya hada labo. Dan karena aku pemalas aku pakainya MUJI sensitive all in one essence. Jadi toner sama mosturizer jadi satu. Enak bgt dan cocok buat aku. Tapi ya nggak ada di sini hahah

Leave a Reply