Books, Review, Vlog
Leave a comment

Review Buku Anak: Seri Ilmuwan Muslim (+Vlog Perdana!)

Sebetulnya salah satu rencana saya di tahun 2017 ini adalah lebih banyak ngeblog tentang review buku (dan review-review lainnya). Namun apa daya, waktu yang terbatas membuat saya  harus memilih topik yang lebih sederhana untuk ditulis di blog sementara ‘review’ bukan salah satunya. Kenapa? Walau secara tekstual tidak serumit menulis opini yang bertanggung jawab, namun review perlu visualisasi yang lebih komprehensif.

Kemudian tercetus di benak saya untuk memulai video blog atau vlog. Setelah ngobrol-ngobrol dengan suami yang pastinya (dan harus) jadi fans pertama, saya pikir selain review-mereview, banyak juga hal yang akan lebih menarik dan interaktif kalau diceritakan dalam bentuk video, misalnya tutorial craft ala-ala ataupun proses pembuatan gambar saya sehari-hari.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuat vlog pertama saya dengan kemampuan edit video yang sangat seadanya :’))) Harapannya besok-besok lebih bagus yaa ahahaha. Vlog/Blog kali ini berisi review buku anak terbitan Pelangi – Mizan ‘Seri Ilmuwan Muslim’.

Oke, untuk yang males nonton vlognya atau males ngabisin kuota internet demi lihat muka saya yang kadang blur kadang fokus, JANGAN KHAWATIR! Saya akan tetap menuliskan reviewnya di sini :D

Seri Ilmuwan Muslim ini merupakan salah satu dari paket buku yang saya cicil dengan sistem arisan sejak sebelum Antariksa lahir :’))) Sebetulnya awalnya tergoda oleh promo yang ditebar di Facebook oleh teman, huahahah… Nah, ternyata begitu Antariksa mulai saya kenalkan kepada buku, seri buku ini jadi andalan saya karena:

  • Isinya menarik dan edukatif, nggak hanya untuk anak tapi juga untuk saya supaya lebih kenal dengan ilmuwan-ilmuwan Muslim pendahulu kita
  • Board book, jadi relatif aman dari resiko disobek, dilecekin ataupun dipeperin makanan oleh anak
  • Halamannya sedikit dan kata-katanya juga nggak rumit sehingga cocok dibacain untuk Antariksa yang masih belum panjang rentang konsentrasinya

Ada 13 buku dalam 1 seri ini yaitu:

  1. Ibnu Batutah – Sang Penjelajah.
  2. Ibnu Sina – Ahli Anatomi dan Kedokteran
  3. Abu Khair – Ahli Pertanian.
  4. Ibnu Baitsar – Ahli Tumbuhan dan Obat
  5. Ibnu Haitsam – Ahli Fisika dan Matematika.
  6. Ibnu Yunus – Ahli Astronomi.
  7. Al-Jazari – Perancang Mesin Perangkat Air.
  8. Ishaq Al-Mawsili – Ahli Musik.
  9. Ad-Damiri – Peneliti Binatang.
  10.  Asy-Syarif Al-Idrisi – Pembuat Globe Pertama.
  11. Ibnu Majid – Ahli Navigasi dan Pelaut.
  12.  Ibnu Khaldun – Ahli Sejarah.
  13. Al Khazini – Pencetus Teori Gravitasi.

Menurut saya, buku ini bukan hanya menceritakan kehebatan para ilmuwan Muslim namun juga bisa menceritakan kepada anak mengenai berbagai profesi dan betapa pentingnya bagi mereka untuk menuntut ilmu dunia setinggi-tingginya. Hampir semua tokoh di seri buku ini tidak hanya menguasai satu bidang ilmu saja, itupun masih ditambah ilmu agama Islam. Lagi-lagi, motivasi ini bukan cuma untuk Antariksa namun juga untuk saya. Hehehe.

Selain ilmu-ilmu apa saja yang dikuasai, pada setiap buku diceritakan juga asal-usul para tokoh dan nama kitab masterpiece-nya. Sebagai penutup, halaman terakhir berisi pertanyaan untuk membangun interaksi dengan anak, misal, “Apa saja contoh pengaruh gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari?”

Iya sih memang Antariksa masih belum ngerti tapi berhubung cukup sering dikasih, sekarang dia sudah mulai menunjuk, minta diambilkan buku-buku ini untuk sekedar lihat-lihat dan dibacakan :)

Kalau ada yang berminat beli, sebetulnya lumayan banyak book advisor Mizan yang bersliweran di timeline Instagram atau lapak-lapak e-commerce. Silakan dicek saja ya, hehehe. Untuk harga, saya jadi nggak bisa menjawab karena belinya paketan (bundling) dan waktu itu sedang promo (katanya ;p). Menurut saya, kalau pas dapat promo beli aja, soalnya worth it :D

Oke, sekian dulu review dari saya. Kalau ada yang mau berkomentar soal vlog bisa juga loh di sini :)

Advertisements

Leave a Reply