Artwork
comment 1

Craft Tutorial: Snow Globe Photo Frame

Sudah entah berapa bulan yang lalu saya dichallenge Living Loving di Instagram untuk bikin sesuatu dari barang yang sudah nggak kepakai lagi. Surely I accepted the challenge. Sebetulnya ada beberapa ide, namun nggak sempat-sempat eksekusinya. Lagipula saya tadinya agak ambisius ingin coba bikin tutorialnya bentuk vlog. Setelah dipikir-pikir lagi, daripada nggak jadi melulu, mending bikin tutorial seadanya aja deh dulu :p

Berhubung sudah menjelang Natal dan (entah kenapa walaupun di negara tropis) identik dengan salju, saya keidean untuk bikin: snowglobe. Yah, hasilnya nggak salju-salju banget sih, hahaha, tapi boleh lah untuk lucu-lucuan :3

Bahan utamanya adalah: toples plastik bekas & mainan! (kalau bisa yang bekas, jangan yang masih dimainin apalagi yang kesayangan anak yaaa… hahaha…)

Daftar alat & bahan lengkapnya adalah:

  1. Toples plastik bekas dengan tutupnya. Pokoknya yang bahannya seperti toples kue Lebaran itu lohh. Ukurannya bebas, tapi kalau bisa yang proporsi tinggi dan lebarnya nggak jauh.
  2. Mainan bekas yang sudah nggak terpakai. Sebetulnya ini bisa banget divariasikan, mulai dari mainan bentuk binatang, dinosaurus (kalau saya pakai yang T-rex), robot-robotan, atau bahkan misalnya bekas gantungan kunci bentuk Menara Eiffel, nah itu juga bisa dipakai.
  3. Pylox emas (ini bebas warnanya apa… saya kebetulan suka paduan warna emas dan putih. Oh iya, kalau ada yang nggak mau pakai Pylox dan ingin pakai cat lain silakan yaaa, cuma saya nggak begitu paham perkara mengeringkannya gimana)
  4. Kertas putih (kalau bisa bekas, biar spirit daur ulang-nya berasa)
  5. Penggaris
  6. Cutter dan gunting
  7. Lem tembak (atau Aibon, pokoknya yang cukup setrong menjalani cobaan hidup, soalnya kan nanti snowglobe ini akan kita guncang-guncang)
  8. Isolasi
  9. Foto

Berikut langkah-langkahnya:

1. Cat mainan bekas dengan warna yang kita inginkan.

2. Cat tutup toples bekas dengan warna yang sama. Tunggu sampai cat pada mainan dan tutup toples bekas kering. HARUS betul-betul kering loh yaaa…

3. Rekatkan mainan bekas dan tutup toples bekas dengan lem tembak. Tunggu sampai kering.

4. Buat ‘salju-saljuan’ dengan serpihan kertas. Sebetulnya untuk membuat ‘salju’nya bebas banget, bisa pakai kertas seperti ini sambil zen activity karena lumayan PR :’)) Bisa juga pakai stereoam bekas, atau sisa kertas yang diambil dari paper shredder.

5. Masukkan ‘salju-saljuan’ ke toples bekas.

6. Tutup toples dengan tutupnya yang sudah ditempelkan mainan bekas.

7. Tempelkan foto dari sisi luar menggunakan isolasi.

Jadi deh! :3 Mudah kan?

Selamat mencoba!

1 Comment

Leave a Reply