Featured On, Work & Business
comments 2

Engineer Jadi Entrepreneur? ‘Entrepreneurship 101’ Oleh SWE Jakarta

Hari Sabtu lalu saya senang banget bisa sharing sebagai panelis di acara ‘Entrepreneurship 101’ yang diadakan oleh Society of Women Engineer (SWE) chapter Jakarta. Sedikit informasi bahwa SWE merupakan asosiasi insinyur wanita yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1950. SWE sendiri adalah organisasi non-profit yang memiliki misi untuk mendukung para wanita untuk sukses di bidang engineering dan teknologi, salah satunya melalui pendidikan. Chapter Jakarta SWE sendiri baru diresmikan tahun 2017 namun sudah memiliki beberapa kegiatan yang menarik yang dapat dilihat pada halaman ini.

Kembali ke ‘Entrepreneurship 101’, acara ini diadakan di @america, Pacific Place pada 27 Januari 2017. Acaranya ini terdiri dari web-based seminar (webinar) dan sharing session. Webinar yang disampaikan oleh Alaina G Levine ini membahas hal-hal yang perlu diperhatikan ketika seorang engineer ingin memulai menjadi entrepreneur. Sesi webinar ini kemudian diikuti oleh sharing session dari 4 orang panelis yang memiliki background engineering namun menggeluti dunia entrepreneur, salah satunya saya. Jujur saya merasa dapat kehormatan karena ketiga panelis lainnya adalah:

  •  Aulia Halimatussadiah (Ollie / Llia), founder and CCO at Zetta Media, co-founder nulisbuku.com, storial.co, also writer of 29 books with several awards and recognition.
  • Fransiska Oetami, founder of Clevio Coder Camp
  • Yunita Taniwangsa, Change Management Consultant, Leadership Workshop Facilitator and a business & executive coach at ActionCOACH

Nggak cuma panelis-panelis saja yang latar belakangnya pada WOW, tapi panitia-panitianya juga WOW. I felt so inspired, motivated & empowered to be a part of the event. Oleh karena itu saya mau sharing sedikit soal apa yang saya dapatkan dari sini :)

Senang soalnya dianterin dan ditungguin anakku :3

The Webinar: Entrepreneurship 101 for Early Career Engineering Professionals

Silakan googling untuk profil Alaina G Levine sebagai pemateri webinar ini ya. Webinar ini meliputi topik:

  • Skill yang dibutuhkan untuk menjadi entrepreneur
  • Transisi dari engineer menjadi entrepreneur
  • Peran dari inovasi
  • Elements of entrepreneurial venture

Menjadi Engineer adalah Awal yang Baik Untuk Menjadi Pengusaha

Kata-kata pertama yang disampaikan adalah “Congratulation! You have the advantage!” Kenapa? Karena sebagai engineer, kita bisa belajar menjadi entrepreneur, namun kalau sudah jadi entrepreneur sepertinya susah yha untuk jadi engineer :p

So, engineers, you surely can be both!

Entrepeneurship sangat erat kaitannya dengan inovasi, sementara kita sebagai engineer terbiasa berurusan dengan problem solving yang tentu sangat berhubungan dengan inovasi. Para engineer juga sudah memiliki pola pikir untuk menyelesaikan masalah melalui pendekatan STEM (science, technology, engineering and math) Well, it can be an advantage or disadvantage though. Beberapa peserta juga mengakui bahwa pola pikir ini membuat para engineer lebih ‘njelimet’ dan menuntut untuk presisi, padahal ketika bergerak di bidang entrepreneur ini akan jadi penghambat. Kenapa? Karena entrepreneurship harus lebih fokus kepada market-driven problem solving skill (instead of STEM). Jadi ya tentu kembali ke bagaimana kita pintar-pintar mengolahnya.

Slide yang menurut saya penting untuk dikutip di sini adalah:

Keys for Engineers to Remember

  • Forget about STEM for the beauty of it
  • Science / engineering in this endeavor is a means.
    • Serves as the foundation of an innovation that brings a solution (to a problem) that people will pay for
  • Understand that customer is king
    • without customer, tech innovations would never see light of day
    • business leader / entrepreneur gets those customers
  • Marketing is everything
  • Every organization is a business

Pentingnya Inovasi

Ketika sudah terjun ke dunia entrepeneurship, secara umum dibutuhkan 2 jenis inovasi:

  • Tech innovation – basis of the product or service
  • Business innovation – to ensure successfull delivery of value to the customer

Keduanya harus saling mendukung. Saya pribadi sebagai orang yang sedang merintis usaha yang berkaitan dengan industri kreatif membahasakan tech innovation sebagai perkembangan dan peningkatan kemahiran saya sebagai ilustrator dan penulis.

Berikut dua slides yang menurut saya penting juga untuk dikutip:

A Successful Business

  • Has a vision – what do you see for your business?
  • Solves a societal / market problem (innovation)
  • Has a brand – a promise of value
  • Has a plan to fulfill the vision and deliver the value to customers who will pay
  • Has a talented team which understands the value

Entrepreneurial Elements

  • The problem you are addressing
  • The solution you propose – the innovation
  • The market – who cares and who will buy?
  • Risk assessment
  • The business model
  • The technological needs to commercialize
  • Intellectual property
  • The finance models and financials
  • Operations
  • Company organization
  • Exit strategy

Begitulah. Mudah-mudahan bisa ngasih gambaran ke para pembaca di sini yang mau memulai :3 Intinya kalau dari webinar ini: Engineer turns entrepreneur? GO FOR IT!

Sharing Session

Suasana sharing session

Sharing session yang durasinya 90 menitan ternyata hanya bisa meng-cover beberapa pertanyaan saja :p Untuk saya pribadi yang masih merintis banget, jawaban setiap panelis menjadi masukan yang sangat berharga bagi saya.

Sesi ini dimulai dengan pertanyaan dari moderator soal bagaimana awal mula setiap panelis terjun ke dunia entrepreneur. Walaupun jawabannya beragam, kesamaan utamanya adalah kami berempat nggak ada yang awalnya punya cita-cita menjadi pengusaha. Kesamaan ini bikin saya merasa lebih percaya diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikutnya :p

Oh iya, walaupun saya nggak sempat bikin catatan untuk setiap pertanyaan, berikut saya ingin share 3 poin penting yang menurut saya menarik untuk dibagikan:

  1. Berbeda dengan engineering, kebingungan sebagai entreprenur nggak bisa selalu dipecahkan dengan rumus dan hitung-hitungan. Pemecahannya pun bisa didapat dengan berbagai macam cara. Menurut Mbak Llia, saat bingung dia bisa mulai mengurai masalah dengan menuliskannya lalu merumuskannya satu persatu sementara Mbak Siska memilih untuk langsung berdiskusi dengan para partnernya. Bu Yunita dengan latar belakangnya sebagai konsultan dan coach mengatakan bahwa mentorship dan coaching bisa menjadi solusi alternatif. Namun inti dari semuanya adalah: mengenali diri dan bisnis kita sendiri dahulu.
  2. Mengenali diri sendiri juga merupakan langkah yang sangat penting saat ingin menggandeng partner bisnis. Dengan mengenali diri sendiri dan kebutuhan untuk bisnis kita, kita akan dapat gambaran partner bisnis seperti apa yang kita butuhkan dan dimana mencarinya. Kalau kata Mbak Llia, misal kita mencari partner bisnis web developer, carinya jangan di party-party karena di sana akan lebih besar kemungkinan untuk menemukan partner bisnis dengan latar belajar marketing atau humas.
  3. You don’t really have to quit your current job to start. Kita bisa mulai pelan-pelan sambil mengumpulkan modal. Modal tidak hanya berupa uang namun juga networking dan soft skills yang kelak akan dibutuhkan ketika nanti berbisnis. Kalau bahasa saya sih: sebelum jadi bos, nggak ada salahnya untuk belajar jadi bawahan dulu, hehehe :p

Para pesertanya ternyata banyak juga yang cowok!

Begitu kira-kira catatan dari saya. Mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diambil ya :D

Oh iya, bagi teman-teman yang tertarik dengan SWE Jakarta ataupun ikut kegiatan-kegiatannya, teman-teman bisa menghubungi mereka melalui:

Cheers! :D

 

Some photos are from: SWE Jakarta, Anisa Rachmita, Jane Nawilis

2 Comments

  1. first alias pertamax.. sesuai janji mau langsung cuzz begitu ini dipost.
    makasih mba puty utk sharingnya. menarik tapi juga penasaran sama detailnya. apakah boleh minta modulnya? atau webinarnya bisa untuk umum kah? jika berkenan…

  2. Halo. presentasi nya dapat kami berikan tetapi recorded webinarnya hanya dapat di access oleh anggota. Kalau sudah menjadi anggota, boleh nonton sebanyak2x nya dan bahkan bisa nonton webinar2x yang lain yang sudah di rekam atau akan di tayangkan. Untuk bergabung, silahkan click di: http://societyofwomenengineers.swe.org terus click di Membership dan Join. Kalau ada pertanyaan lainnya silahkan hubungi kami di Jakarta@swe.org. Terima kasih untuk perhatiannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.