Blogging
comments 8

Mulai Ngeblog & Tetap Konsisten

Beberapa kali saya mendapat pertanyaan semacam:

“Kak, aku mau mulai ngeblog. Kasih tips-tipsnya dong biar sukses.”

Biasanya sih saya jawab dengan emoji:

cry laugh

Jujur saja: saya nggak tau jawabannya karena sukses adalah sesuatu yang personal. Setiap orang punya parameter sendiri untuk mendefinisikan ‘sukses’. Namun kalau untuk saya sendiri, ngeblog adalah sebuah sarana saya untuk mengembangkan diri salah satunya adalah untuk latihan menulis. Yah, sekarang pun saya belum bisa dibilang jago menulis sih, tapi melalui ngeblog saya banyak berlatih untuk  berkomunikasi melalui tulisan dan media visual dengan lebih baik. Tentu hal ini merupakan self improvement untuk saya yang introvert :)

Nah, jadi kalau ditanya tips sukses ngeblog, saya nggak bisa jawab karena harus dijawab masing-masing. Apalagi kalau ditanya tips ngeblog supaya bisa dapet harta dan tahta, I’m sorry good bye :’)))

Namun kalau ditanya tips untuk memulai & konsisten ngeblog, saya bisa berbagi. Kenapa? Karena saya belum berhenti sampai saat ini sejak tahun 2002, hehehe :D Yah, mudah-mudahan bisa jadi referensi untuk teman-teman yang ingin konsisten.

first blog, 2002

Screenshot dari blog pertama saya, hampir 16 tahun yang lalu

Tips Mulai Nge-Blog

1. Tetapkan Niat

Niat adalah hal yang personal namun wajib dimiliki dan diketahui diri sendiri. Saya tadi sudah bilang kalau niat saya ngeblog sejak awal adalah sebagai sarana self improvement dan mengekspresikan pendapat. Niat sederhana ini kemudian berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya pembaca: saya ingin berbagi kebaikan melalui tulisan dan gambar, bisa berupa informasi ataupun inspirasi.

Nah, bagaimana kalau niatnya ingin mencari penghasilan? Menurut saya sih sah-sah saja. Di era seperti ini ada berbagai cara untuk memonetisasi blog, apalagi untuk orang-orang yang kreatif. Namun jika uang dijadikan tujuan utama, tulisan-tulisan yang dihasilkan bisa terasa profit-oriented dan belum tentu bikin pembaca nyaman dan setia. Padahal menurut pengalaman saya, pembaca setia merupakan salah satu motivasi terbesar saya untuk terus ngeblog sampai hari ini :) *pelukin satu-satu*

2. Tidak Terlalu Ambisius di Awal

Sekali lagi, menurut saya nggak salah kok kalau ada teman-teman yang ingin ngeblog untuk dimonetisasi alias ingin dapat uang atau produk / fasilitas gratisan. Namun kalau pendapat saya sih, jangan set target terlalu tinggi dan terlalu cepat, misalnya baru tiga bulan ngeblog sudah ingin punya 10,000 views per hari dan partnership dengan Balenciaga. #YAKALI

Namanya juga baru merintis. Bicara soal endorsement / paid partnership, brand ataupun agency juga pasti akan mempertimbangan kualitas, kuantitas dan konsistensi ngeblog kita. Kalaupun memang tujuan utama kita adalah readership dan engagement yang tinggi, coba tentukan target secara bertahap.

Kenapa? Terlalu ambisius di awal akan cenderung bikin kita malas seandainya nggak tercapai. “Udah setahun ngeblog kok masih belum 1 juta views ya? Kok belum diendorse Laneige ya? Udahlah sia-sia aja semua ini…”

#YAKUMAHADEUI

Selain soal target readership, menurut saya di awal nggak usah terlalu ambisius ingin selalu nulis panjang x lebar x lengkap dengan foto-foto sempurna ala Kinfolk. Kenapa? Kalau lagi nggak semangat akan terasa berat banget dan bisa berakhir nggak jadi posting.

3. Menulis Hal Yang Kita Suka / Kuasai

Kenapa? Karena tentu akan lebih mudah untuk kita sendiri nikmati dan harapannya akan menunjang konsistensi, walaupun mungkin hal yang kita suka bukan topik yang populer. Menulis hal sehari-hari seperti curhatan hati soal anak nggak mau makan pun bisa saja banyak yang baca dan komentar… :p

4. Be Yourself, or even better… Find Yourself

It’s okay to have references, misalnya terinspirasi untuk jadi ceria dan positif seperti Diana Rikasari atau elegan seperti Andra Alodita. But be yourself, karena tidak menjadi diri sendiri adalah hal yang melelahkan.

5. Try to Be Consistent

Saya sadar, memulai adalah hal yang mudah. Konsisten melakukannya yang sulit. Saya juga sadar ini banyak terjadi dan beberapa orang cerita ke saya, “Kadang sekali ada inspirasi ingin menulis banyak, tapi sekalinya nggak ada, eh berhenti 3 bulan.” Di sini lah menurut saya pentingnya punya niat yang lebih dari sekedar angka (baik jumlah pengunjung maupun uang).

Practical tips dari saya:

  • Saat ide meluap-luap coba gunakan fitur scheduled post lalu atur jadwal posting, atau tulis saja dulu semuanya lalu simpan sebagai draft untuk disempurnakan nanti
  • Kalau bingung mau nulis apa, coba ikutan blog challenge untuk menulis sebuah topik

6. It’s okay to ask people to read your blog

Menurut saya yang membedakan blogging dengan teknik menulis lainnya adalah, blogging is kinda two way. Orang-orang bisa berpendapat, menyanggah, menambahkan, melalui kolom komentar. Seperti yang saya bilang sebelumnya, punya pembaca setia atau pembaca baru yang berkomentar, “Kak, makasih ya… Aku jadi terinspirasi,” bikin kita jadi semangat untuk terus ngeblog. Oleh karena itu, nggak usah malu untuk pormosi melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Path, bahkan Facebook. Apalagi kalau post yang kita bagikan dirasa bermanfaat bagi pembaca :)

7. Knowing that it requires effort…

Ini sebuah saran pribadi untuk teman-teman yang memang ingin ngeblog dengan serius (mengejar readership dan engagement). Saya pikir penting untuk diingat, kalau ingin readership tinggi berarti setiap post harus dibuat dengan kualitas semaksimal mungkin. Misalnya diberi foto yang cantik, tulisan dengan tata bahasa yang bagus, jangan banyak typo, dst. Artinya ya memang harus usaha karena effortless yang hakiki hanyalah untuk Kate Moss :’)))

Jujur saja kalau dapat ‘kerjaan’ berupa paid partnership, saya akan betul-betul memikirkan gimana caranya supaya konten berbayar ini terlihat semenarik mungkin dan sepersonal mungkin, ya supaya itu tadi… pembaca tetap merasa nyaman :3 Sebagai contoh, coba deh lihat blog post Living Loving yang ini mengulas high chair Yamatoya ini, super chic dan inspiring!

*

Begitu dulu tips-tips personal dari saya, namun yang pasti:

Mulai saja dulu!

Mudah-mudahan bermanfaat yaaaa :D

Cheers!

Untuk yang ingin berbagi tips, silakan tulis di bagian komentar :3

 

8 Comments

  1. Hampir tiap tahun aku bilang tahun ini harus konsisten ngeblog. Tapi ngga mudah ternyata. Hmm jadi menurutku nikmati saja dan ingat niat awal kenapa dulu bikin blog.

  2. Haloo.. aku fans barumu mbak hihi
    akhir2 ini byk menerima postive vibes yg pengen bikin sharing banyak dan mulai niat bikin blog. tapi sayangnya aku bukan org yg terlalu pede utk ngeluarin pendapat melalui tulisan. sering sharing sesuatu lewat ig story tp ga bertahan lama lalu di apus, ntahlah pikiran ku msh terlalu takut untuk melihat feedback orang2.. gimana ya cara ningkatin kepedean diri sendiri >.

  3. memang susah sih buat konsisten, saya juga ingin konsisten tapi apa daya kadang pas di kepala isinya pengen nulis, tapi tangan udah berasa lelah duluan. tapi, tetap usahakan nulis walau masih amatiran dan ngasih konten yang gak terlalu penting hehe.
    terima kasih atas tipsnya, sukses selalu ?

  4. Yuyun nadlifah says

    Pernah ngeblog, lalu repot gak jelas, mulai ngurus anak, target poto2 bagus yang gak kesampean, lalu berhenti ngeblog sampe lupa password. Rasanya pingin nangis tiap kali baca tulisan2 di blog orang lain sambil ngebatin “ya Allah, kok aku ketinggalan banget ya” curhat

  5. Soal ide datang sekali banyak itu aku juga siasati dengan bikin schedule. Jadi nggak dalam satu minggu langsung di-post idenya (capek juga nulis draft-nya hahaha). Tetap diatur dengan frekuensi ngeblognya, misalnya kalo aku seminggu minimal 1-2 postingan. Kalo ada 4 ide sekaligus, bisa dibagi jadi 2-4 postingan dalam satu bulan. Walaupun nggak banyak, tapi lumayan bisa terlihat konsisten ?

    Semangat terus ngeblog-nya, Mba Puty! Terima kasih juga udah sharing ya (:

  6. Dan kemudian saya jadi berpikir tahun 2002 hal bermanfaat apa yang sudah saya lakukan dengan internet, kayaknya jaman itu make internet cuma buat nyari lirik lagu -,-.

    Salut dengan kekonsistenan nya! Semoga selalu menginspirasi ya Puty :)

  7. Setuju banget sama poin yang terakhir mbak, mulai aja dulu suka dilupakan sama para calon blogger. Kebanyakan nanya ini-itu tapi ngga jalan2 ?

    Terkait yg sponsorship, bbrp temen suka ditanyain gmn caranya jadi Beauty Blogger yg dpt barang gratisan, geleng2 sendiri dah kalo diceritain. Serendah itukah pandangan terhadap beauty blogger ? #hiks

    Belakangan jg mulai byk blogger2 non beauty yg mendadak masuk ranah beauty. Entah sih tujuannya apa, smg ya ngga semakin memantapkan opini beauty blogger pengemis barang gratisan aja ?

    Btw, mba Puty mulai ngeblog 2002 itu ak masih SMP ? Blm kenal blog sih kyknya, baru kenal internet donlot2 wallpaper aja hahaha

    Mau nambahin tips sih, kalo mau asah skill, bs ikut berbagai macam workshop kepenulisan atau fotografi. Trus sering blogwalking buat memperkaya referensi, mau itu kontennya maupun foto/video pendukungnya ?

    Makasi mba Puty tipsnya, aku belajar darimu Shifu! ??

Leave a Reply