Love & Marriage, Motherhood
comments 20

#ModyarHood: Nge-Date Setelah Punya Anak

Hola! Kembali lagi berjumpa dengan saya di sesi #Modyarhood.

Copy paste lagi yaaa kali-kali ada yang belum ngeh, #ModyarHood adalah program kecil-kecilan saya bersama Mamamolilo (a.k.a Okke Sepatumerah sebelum jadi ibu hahaha) dengan semangat ‘Walau kadang bikin mau modyar tapi tetap yahud’. Jadi #ModyarHood ini menginisiasi sebuah topik setiap bulannya (Insyaallah, doain. #terDilan) seputar motherhood yang kemudian akan dijadikan blogpost oleh kami berdua. Diharapkan para buibuk lainnya bisa ikutan menulis blogpost dengan topik tersebut. Tujuannya untuk menampilkan lebih banyak sudut pandang tentang motherhood itu sendiri sehingga kita bisa lebih arif dalam menyikapi perbedaan.

Dua topik pertama kami adalah seputar buku parenting, dan GTM alias Gerakan Tutup Mulut. Nah, kali ini ceritanya mau menyesuaikan tema di bulan Februari yang identik dengan hari kasih sayang. Walaupun saya termasuk orang yang percaya bahwa Valentine’s Day adalah hari gimmick perusahaan cokelat sedunia, namun menarik juga kayanya untuk membahas soal waktu berduaan bersama pasangan. Ejie jieee :p Untuk topik kali ini kami sudah menyiapkan hadiah kheseus untuk buibu yang mau ikutan berpartisipasi! Caranya nanti baca di akhir postingan yaaa :3

Oke, jadi bahasannya adalah: ngedate sama pasangan. Hahaha, sebetulnya saya mah kagok pisan nulis yang manis-manis, jadi saya akan cerita seikhlasnya aja ya :’))) (((SEIKHLASNYA)))

Sejak Antariksa lahir saya dan suami cuma beberapa kali keluar untuk jalan-jalan berdua. Nginep tanpa anak sih udah pasti belum pernah. Kalau lihat beberapa teman, sepertinya ini terbilang jarang. Eh tapi pas baca postnya Mbak Okke kok ya lebih prihatin ya, HAHAHAHA. Jadi ibu-ibu yang sedih dan nelangsa jarang punya waktu berduaan sama suami, tenang aja ternyata di bawah kolong masih ada kolong. #dikeprukMbakOkke

Sebetulnya ini bukan karena sok berkorban atau gimana tapi kalau saya pribadi sih lebih seneng kalau jalan sekeluarga, dan tampaknya suami juga gitu sih. (eh iya kan? iya aja deh udah…) Jadi kami nge-date berduaan biasanya kalau:

  • Nonton bioskop
  • Ada acara yang kayanya anak bakal lebih capek kalau ikut ketimbang nggak ikut

Thanks to lokasi rumah yang deket-deket sama >5 mall dan >5 bioskop juga kami bisa naik motor kalau pergi berduaan supaya romantis macem Dilan dan Milea nggak terlalu lama terjebak macet #BekasiLyfe

Oh iya, biasanya kalau mau ngedate berduaan kami akan nitipin Antariksa ke Madame di rumah dan minta tolong orang tua saya untuk bantu momong atau ajak main. Kalau lagi ditinggal di rumah sama Antariksa saya akan membebastugaskan Madame dari kerjaan rumah tangga untuk jagain Antariksa saja. Mungkin trik membebastugaskan asisten untuk fokus ke anak bisa jadi inspirasi ibu-ibu yang merasa bersalah / khawatir meninggalkan anak untuk date night.

Quality Over Quantity

Saya cukup sering baca soal pentingnya date night berdua untuk pasangan yang sudah memiliki anak. Saya setuju bahwa penting sekali untuk menyisihkan waktu untuk jalan-jalan berduaan, namun saya pikir kalau soal kuantitas yang pas kembali ke masing-masing orang. Kebetulan saya dan suami termasuk ibu-ibu dan bapak-bapak yang senang di rumah, jadi kami nyaman saja santai-santai di rumah. Kadang-kadang jalan-jalan pun nggak selalu jadi lebih romantis setelah bermacet-macet lalu buru-buru pulang karena takut anak nangis bombay nyariin pabrik susunya. #BAHAHAHA

By the way, kami adalah pasangan yang suka ngobrol macem-macem mulai dari dunia geologi, harga minyak dunia, sampai bahas apakah Awkarin itu beneran jenius atau nggak. Nah, ngobrol-ngobrol seru ini yang justru selalu saya usahakan setiap hari sambil makan malam. Kalau waktu makan malam tiba, Antariksa akan eksklusif dipegang oleh Madame. Bagi saya, quality time semacam ini lebih penting dilakukan sehari-hari dan nggak terbatas dilakukan kalau date night.

Intinya quality over quantity, jadi jangan sedih ya ibu-ibu yang statistik date night-nya seperti saya atau Mamamo :’)))

Nah, kalau dari saya sih segitu dulu. Kalau buibuk, seberapa sering sih date night berduaan sama pasangan? Ada kisah-kisah seru nggak waktu date night? Atau justru seperti saya yang nggak terlalu ‘saklek’ menganggap quality time itu harus jalan-jalan berduaan nggak bawa anak? Mari-mari dishare, karena seperti yang sudah dijanjikan, #Modyarhood kali ini berhadiah nihhh… Hadiahnya ini ya:

Syaratnya begini:

  1. Tulis blog post dengan tema ini di blog masing-masing
  2. Follow saya dan Mbak Okke di Instagram
  3. Opsional: Posting foto yang ngasih tau link postingan buibuk dan tag/mention saya di IG atau tinggalin komen dengan tautan ke posting buibuk.
  4. Deadlinenya tanggal 26 Februari 2018 dan pemenang akan diumumkan 28 Februari 2018 ya :3

Cheers and good luck!

20 Comments

  1. Azelia Trifiana says

    kalau akuu karena ga ada alternatif dititip di pengasuh atau ART, anak full di daycare sejak usia 3 bulan, maka kita sepakat once every 2 months ambil cuti bareng. sehari aja dan sepuasnya deh nonton bioskop, makan, atau sesederhana ke cafe dengan laptop masing2 diselingi chat ringan.

    kalau soal ngobrol, aku pernah baca artikel di koran luar negeri tentang gimana fenomena orangtua baru cenderung meletakkan anak segala-galanya, jadi prioritas sampai mengabaikan kebutuhan untuk ngobrol tanpa melibatkan anak (which my husband and I always do, hihi maklum ortu baru). di artikel itu dijelaskan bahwa parents are the one who should have ultimate power within the family, and the kids need to understand about that. tujuannya supaya anak tetap segan dan ga merasa spoiled. membahas artikel itu sama suami, kita sepakat itu bisa nanti setelah periode attachment parenting selesai.

    dan sekarang pun kalau di perjalanan pulang dari daycare ke rumah juga jadi momen ngobrol sama suami tentang apapun. anak nimbrung dengerin dan nyaut ga nyambung hahahahaa..

    kalo soal trip nginep atau ke luar kota, rasanya buat apaaa ya kalo ga sama anak. ga ada lo ga rame hahahaa!

  2. Pingback: Hardship Setelah Punya Anak. | IbunyaSakha

  3. Pingback: #Modyarhood: Tetap Romantis Meski Punya Anak – Fitrah MP's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.