Books, Featured On, Work & Business
comment 1

‘Happiness is Homemade’ Book Talk di Bogor

Happiness is Homemade Book Talk

Hari Sabtu lalu tepatnya tanggal 24 Februari 2018 saya menjadi pembicara untuk acara dengan judul yang cukup panjang yaitu ‘Working at Home Mom Sharing Session & Book Talk ‘Happiness is Homemade’ with @byputy’ :’) *terharu*

Yup, acara ini adalah sharing session seputar menjadi ibu yang bekerja di rumah alias ‘Working at Home Mom’ (WAHM) sekaligus bincang buku ‘Happiness is Homemade’ sebagai salah satu produknya. Acara ini diadakan di Maraca Coffee, Bogor.

Hah? Bogor? Bukannya situ orang Bekasi?

Tercetusnya acara ini…

Hahaha, iya betul, saya memang orang Bekasi dan harus berangkat naik roket ke Bogor :’)) Sedikit cerita, acara ini sebetulnya adalah hasil ngobrol-ngobrol saya dengan Mbak Intan, penggiat komunitas ibu-ibu teladan se-Bogor yaitu ‘Ibu-Ibu Kota Hujan’ dan Change Maker Moms. Mbak Intan semangat banget ‘mendatangkan’ saya ke Bogor untuk berbagi seputar kehidupan WAHM yang dirasa cukup inspiring #asedap. Ide ini gayung bersambut banget dengan salah satu pemilik Maraca Coffee, yang tak lain tak bukan si ibu serba bisa Feni @besinikel.

Saya yang sebetulnya nggak PD pun bertanya ke pihak Penerbit Bentang Pustaka, dan ternyata didukung. Baiklah. Beberapa detik setelah bikin grup chat, tau-tau si Buni udah bikin poster begini: (nggak deng~ lebay… nggak beberapa detik laaah, tapi beberapa menit… :p)

Happiness is Homemade Book Talk

Okay, things got serious :’))) *deg-degan*

Beneran deh, saya nggak ngerti lagi harus gimana terima kasihnya sama mereka karena udah mau repot-repot banget ngurusin acara ini… :’) *pelukin satu-satu* Mbak Intan pun dengan sepenuh hati bikinin saya list pertanyaan sebagai bahan sharing session dan mengatur jadwal dengan MC profesional nan handal-nya Change Makers Mom yaitu Mbak Ninda.

Alhamdulillah ternyata seat-nya sold out, malahan ada yang waiting list… :’)

GROGI BERAT DI HARI-H~

Long story short, tibalah hari H. ASLI YA SAYA GROGI BERAT :’))) Heran deh, dulu saya waktu SD & SMP langganan juara pidato loh, kenapa sekarang beginian aja grogi banget yha? Saking groginya saya sampai salah inget jam, harusnya jam 09.00 saya kira jam 10.00. Untungnya kami sampai Bogor jam 09.00 kurang, jadi lah bisa sampai venue jam 09.20. Huhuhu beneran merasa bersalah sampe sekarang… *sungkemin satu-satu*

Begitu sampai venue sudah ada peserta yang datang, dan tim Change Maker Moms, Maraca dan Bentang Pustaka sudah siap sedia. Acara pun dimulai jam 09.30. Para peserta yang cantik-cantik ini ternyata nggak hanya berasal dari Bogor namun ada juga yang datang dari Depok, Tangerang bahkan Sukabumi. WOW!

Setelah sambutan dari tuan rumah, bincang-bincang seputar buku ‘Happiness is Homemade’ menjadi sesi pertama dari 3 sesi. Grogi saya pelan-pelan hilang setelah terbiasa dengan senyum MC dan para audiens yang menawan hati :’) Di sesi pertama ini buku ‘Happiness is Homemade’ dikupas tuntas mulai dari soal ide sampai format buku yang fully illustrated & colored. Mbak Poppy sebagai publisis Bentang Pustaka juga sempat menyampaikan ‘sekapur sirih’ dari penerbit. Saya seneng banget dapat feedback positif dari para teman-teman yang sudah baca ‘Happiness is Homemade’ dan bilang kalau buku ini bikin mereka lebih bersyukur dan bahagia.

Selain soal ‘Happiness is Homemade’ ada juga pembahasan soal membuat konten-konten inspiratif di blog dan media sosial. Mulai dari #modyarhood sampai proses kreatif juga sempat ditanyakan dan dibahas :3

Happiness is Homemade Book Talk

Sesi ke-2 adalah sesi cerita-cerita soal kehidupan ibu yang bekerja dari rumah alias WAHM. Walaupun nggak semua peserta sudah ibu-ibu dan ada yang belum berumah tangga, namun sesi ini berlangsung seru banget. Bahkan suami saya pun kena juga ditanyain :p Sebagaimana konsep awal yaitu sharing session, teman-teman yang datang pun ikut cerita dan curhat sekaligus tanya-tanya pengalaman saya mulai dari suka-duka jadi illustrator sampai tips jualan online. Ada 3 hal yang saya highlight di kesempatan ini untuk para ibu & wanita:

  • Guilt management (mengelola rasa bersalah)
  • Gratitude (bersyukur)
  • Let things go (ikhlas)

Alhamdulillah, mudah-mudahan bukan saya yang kegeeran, tapi sepertinya teman-teman yang datang mendapatkan sesuatu dari bincang-bincang siang itu :’)

Sebagai tambahan, Change Maker Moms juga mempresentasikan kolaborasinya dengan @byputy berupa wallpaper ponsel sebagai ucapan terima kasih bagi setiap orang yang mendonasikan Rp50.000 untuk program pemberdayaan ibu-ibu di Cimande.

Book Talk Happiness is Homemade

Terimakasih semuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa :3

Sesi Mingle :3

Setelah foto bersama, ada sesi santai dan book signing. Kadang saya masih suka merasa surreal gitu kalau ada yang minta tanda tangan di buku saya :’))) Di sesi ini teman-teman yang datang bisa ngobrol-ngobrol dan foto bareng. Pake ada yang bawain hadiah segalaaaaa OMG TERHARUUUU….

Happiness is Homemade Book Talk

Happiness is Homemade Book Talk

Duh, pokoknya seneng banget nget nget lah saya bisa kenal lebih banyak wanita hebat dan lebih dekat dengan mereka semua (walaupun saya orangnya suka ingat nama lupa muka. Ya daripada #lupanamaingatrasa kan? :’))

Begitulah kira-kira catatan saya dari acara hari Sabtu kemarin. Hari Sabtu ini akan ada acara book talk lagi di Jakarta namun kali ini sharingnya duet dengan @besinikel, lalu setelahnya akan ada workshop. Pokoknya nanti saya akan tulis di sini. Doakan mudah-mudahan semua lancar yaaa :3

Cheers!


Foto-foto: Dokumentasi Maraca Coffee & Dokumentasi Suami

1 Comment

  1. mbaaaa waktu itu saya mau hadir di akhir acara, udah DM -an juga dengan mbak malah hujaan..ngga jd datang, udah gk kebagian tiket pulaa.. hiks. kapan ada lagi di bogor mbaa?

Leave a Reply