Daily Life, Review
Leave a comment

Bleaching Gigi? Gimana Tuh? Sakit Nggak Sih?

Tumben-tumbenan nih muka saya jadi gambar pembuka blog post :’))) Nggak apa-apa lah ya sekali-sekali *sungkemin pembaca satu-satu* :’))) Sebenernya sudah dipikirkan masak-masak sih, perlu apa nggak pasang selfie segede gambreng begitu… Ternyata hasil dari bersemedi ada bisikan yang mengatakan: perlu, soalnya post kali ini adalah cerita soal perawatan gigi. Kalau dikasih ilustrasi saja takutnya para pembaca kurang menghayati hihihi.

Cerita sedikit awal kisahnya yaaa… Di bulan Januari, saya sempat baca cerita Rahne di blognya soal self love dan perawatan gigi di Smile Concept. Sebagaimana ibu-ibu followers-nya Rahne, saya jadi kepikiran dan tertarik juga untuk bleaching gigi. Sungguh ibu-ibu yang mudah terinfluence :’)))) Saya sendiri nggak punya masalah yang signifikan dengan gigi sih, namun hobi minum kopi sehari 2-3x bikin gigi saya agak kekuningan. Nggak kuning-kuning banget sih, namun cukup mengganggu lah kalau pakai lipstick merah.

Akhirnya awal bulan ini saya ikutan pergi ke Smile Concept :’D Selain karena sudah punya referensi, lokasi Smile Concept yang strategis, yaitu di Kemang bikin jadwal ke dokter gigi memungkinkan untuk sekalian dicocokin dengan jadwal meeting. Saya pun bikin janji treatment jam 13.00, setelah makan siang.

smile concept kemang

smile concept kemang

Prosedur Sebelum Treatment

Paginya saya sudah dikirimi pesan untuk mengonfirmasi kedatangan. Saya tiba di klinik pukul 13.00 kurang sedikit. Setelah ngobrol-ngobrol sedikit dengan Mbak Vega sebagai ‘tuan rumah’, saya pun memulai prosedur perawatan dengan mengisi data informasi pasien. Form yang harus diisi standar seperti fasilitas medis pada umumnya.

smile concept kemang

Setelah mengisi dan menunggu sebentar, saya pun masuk ke ruang praktek. Setelah curhat sedikit soal gigi yang kurang kinclong pas pakai lipstick merah (YHA~ Untung dokternya masih muda dan asyik… jadi tampaknya bisa mengerti love hate relationship mamah-mamah muda dengan lippen-nya), dokternya menjelaskan beberapa hal soal treatment bleaching gigi ini.

  • Proses bleaching hanya akan dilakukan pada smile line yaitu garis yang tampak saat kita tersenyum (jadi geraham nggak yaaa…)
  • Bleaching gigi yang dilakukan di Smile Concept ada 3 jenis:
    • Power White Treatment -> mencerahkan warna gigi 1-2 tingkat (biayanya sekitar 1,5 juta)
    • Flash White Treatment -> mencerahkan warna gigi 4-5 tingkat (biayanya sekitar 2,8 juta)
    • Ultra White Treatment -> mencerahkan warna gigi 6-8 tingkat
  • Namun seputih-putihnya setelah di bleaching, warna putihnya akan tetap putih alami gigi, jadi jangan bayangin jadi putih seperti kertas HVS gitu yaa… (itu bisa diputihin pakai Photoshop aja kali ya, Sis…)
  • Setelah proses bleaching pasien nggak boleh minum kopi / teh selama seminggu. OH NO~ Namun ini penting sih, soalnya dalam rentang waktu seminggu setelah bleaching, boleh dibilang warna gigi ada di masa paling nggak stabil.
  • Basically, warna putih ini bisa bertahan 12-15 bulan NAMUN tentu akan berbeda kalau kita rajin ngopi / ngeteh atau merokok.
  • Proses bleaching gigi ini dilakukan secara kimiawi, dan akan mengikis gigi. WHATTTTTTTTT??? Tenang dulu~ Terkikisnya hanya dalam skala micron kok, daaann…. secara alami proses remineralisasi lagi akan terjadi pada gigi kita, soooo don’t worry :3
  • Akan ada perasaan senat-senut dikit di gigi paling lama sampai 3 hari setelah treatment… Nah, ini nih yang bikin deg-degan tapi merasa tertantang :p #hazek

Hmm, setelah mendapat penjelasan, saya pun naik ke kursi panas…

Jeng jeng…

Proses Treatment (Scaling + Bleaching)

Proses treatment diawali dengan scaling aliat membersihkan karang gigi alias scaling. Saya sendiri termasuk yang nggak disiplin untuk scaling secara rutin. Untuk yang belum pernah, proses scaling ini lumayan bikin ngilu, apalagi kalau karang gigi kalian agak tebal dan membandel. Namun sehabis scaling, rongga mulut terasa bersih banget sampai-sampai rasanya sayang untuk dipakai ngatain orang makan nasi Padang. Proses ini terbilang nggak lama, sekitar 10 menitan saja.

Setelah scaling barulah dimulai proses bleaching gigi. Sebelumnya saya dikasih komparator warna gigi dulu sebagai ukuran, sekuning apa gigi saya dan nanti naiknya sampai mana. Setelah diukur, gigi akan dipolish, barulah dioleskan larutan untuk bleachingnya. Setelah dioles, gigi akan disinari lampu yang lebih terang dari masa depan anaknya Nia Ramadhani sekitar 20 menitan, sehingga pasien harus pakai kacamata merah (seperti di foto saya).

Selama treatment, rongga mulut harus disangga dan bagian gusi kita akan dilindungi oleh gum barrier (kalau di foto yang warna biru-biru ituu) supaya nggak terkena ‘obat’ untuk bleachingnya.

Saya menjalani paket ‘Flash White’, jadi proses oles obat – disinar – dibersihkan ini berlangsung 2x, jadi untuk bleaching makan waktu sekitar 40 menit. Namun tenang saja, karena boleh pegang ponsel, boleh ngobrol kalau mampu, dan playlist dokternya seru-seru :’) #terharu

smile concept kemang

Pertanyaan yang paling banyak saya dapat: Sakit / ngilu nggak sih?

Waktu cycle oles obat – disinar – dibersihkan yang pertama, rasanya nggak apa-apa sama sekali. Nggak ngilu, nggak sakit. Nah, begitu cycle kedua barulah terasa cukup ngilu. Ngilunya seperti kalau kita makan eskrim gitu loh. Kalau teman-teman tipe yang nggak ngilu kalau menggigit es krim, berarti kemungkinan nggak akan terlalu ngilu kalau dibleaching.

Ngilu alias cenat-cenut ini masih sesekali terasa sewaktu pulang naik gojek, namun setelah H+1 sudah aman. Ya tapi tetap lohhhh belum boleh minum kopi / teh selama seminggu. Oleh karena itu, untuk teman-teman yang tertarik bleaching, puas-puasin dulu minum kopinya yaaa :p

Hasilnya…

Nah, berikut before afternya :D

smile concept kemang

Saya sih puas banget sama hasilnya dan juga sama pelayanan dari Smile Concept. Begitu pulang berasa banget pengen senyam senyum pamer sama satpam dan abang gojek. Mungkin mereka pikir saya baru gajian kali ya, hahahaha.

smile concept kemang

MOHON MAAP DI SINI MALAH LUPA SENYUM KELIHATAN GIGI… HADOH!

Nah, sekian dulu catatan saya kali ini. Semoga menjawab rasa penasaran teman-teman seputar bleaching gigi ini.

Salam, senyum, sapa :D

Leave a Reply