Wanderlust
comments 4

Memaknai & Menikmati Musim Sakura

Halo semuanya. Alhamdulillah, hari Selasa lalu kami baru saja kembali ke tanah air setelah berlibur selama 2 minggu di Jepang :3 Insyaallah saya akan menulis beberapa yang menarik dan mungkin bisa masukan untuk teman-teman yang ingin jalan-jalan ke Jepang, terutama yang bawa anak. Kenapa? Soalnya untuk versi hemat, ambisius & sendirian, sudah pernah saya tulis di sini tahun 2012, kali pertama saya ke Jepang.

Baca juga: Japan Trip: Japan Trip: Itinerary, Tips & Trick

Tahun 2012, saya juga datang di bulan April, dengan harapan bisa menikmati musim Sakura. Namun akibat kurang riset dan nanya-nanya, datanglah saya ke Tokyo, Kyoto & Osaka di tengah bulan. YHA~ Sampai sana pohon-pohon sakuranya sudah jadi hijau, bunganya sudah pada rontok semuaaa :’))) SEDIH. Saya baru tahu kalau cantik-cantiknya bunga sakura paling-paling bertahan seminggu. Berdasarkan Japan Guide, bunga sakura akan mekar penuh (full bloom atau bahasa Jepangnya ‘mankai‘) kurang lebih seminggu setelah kuncup pertamanya mekar (first bloom atau bahasa Jepangnya ‘kaika‘). Setelah itu ya rontok. Belum lagi kalau ada hujan dan angin kencang, ya makin cepat rontoknya :’) SEDIH.

Nggak mau mengulang kesalahan pertama, saya pun mengatur jadwal liburan dua minggu penuh, dari akhir Maret sampai awal April. Alhamdulillah, pada perjalanan kali ini kami betul-betul merasakan mulai dari mekar pertama, sampai mengalami adegan ala ala anime yang diterpa angin berhembus membawa kelopak-kelopak sakura (cie cie banget lah pokoknyaa…)

jalan-jalan ke jepang lihat sakura

Source: GIPHY

…Mulai dari yang excited banget tiap lihat pohon sakura terus langsung ingin selfie, sampai ke titik: “Baiklah, lama-lama kangen juga ya liat kembang kamboja.” HAHAHAH… Dasar manusia nggak pernah bersyukur.

Baiklah, kali ini saya mau cerita sedikit soal makna dan filosofi bunga sakura, karena saya sendiri baru baca-baca dan menurut saya bagus sekali filosofinya. Di blog post ini saya juga akan berbagi tips untuk yang mau jalan-jalan ke Jepang di musim sakura. Semoga bisa menjawab permintaan para netizen yang bertanya soal ini, hehehe.

Makna Bunga Sakura dan ‘Hanami

Sebetulnya bunga sakura nggak hanya ada di Jepang, ada juga di negara lain seperti Cina, Taiwan, Korea, Amerika Serikat, dll. Namun kenapa identik dengan Jepang? Karena sakura merupakan simbol dari ‘mono no aware‘, istilah Jepang yang menggambarkan tentang hidup yang sementara. Ini merupakan salah satu pandangan hidup ‘Wabi-sabi yang berakar dari ajaran Buddha dengan prinsip menerima kesementaraan dan ketidaksempurnaan.

Oleh karena itu, orang Jepang memiliki tradisi ‘hanami’ yaitu piknik bersama di bawah pohon-pohon sakura yang sedang bermekaran, ya untuk itu tadi, menikmati dan mengapresiasi keindahan yang hanya sementara. Nggak heran ketika hanami, biasanya generasi yang lebih tua cenderung lebih khusyuk sementara kaum muda-mudinya lebih heboh.

Nggak hanya itu, para samurai zaman dulu pun memilih bunga sakura sebagai simbol kehidupan mereka: mati tanpa layu lebih dulu. Hal ini dianggap seperti jalan hidup samurai dengan kemungkinan yang sangat besar untuk mati muda, waktu lagi segar-segarnya, persis seperti sakura. Sungguh makna yang sangat dalam yaaa :’) (-> artikel sumber)

jalan-jalan ke jepang lihat sakura

Kapan Waktu Terbaik Untuk ke Jepang Supaya Bisa Menikmati Mekarnya Sakura?

Nah, berhubung waktunya singkat, kapan dong waktu paling tepat untuk jalan-jalan ke Jepang biar bisa foto-foto cantik gitu?

Perlu diingat: mekarnya bunga sakura di Jepang berbeda di setiap daerah. Sakura di daerah yang lebih selatan seperti Okinawa akan mekar lebih dulu, sementara di Hokkaido mekarnya paling terakhir. Selain letak geografis, mekarnya bunga sakura juga tergantung pada cuaca dan iklim di tahun tersebut, semakin hangat, semakin cepat mekarnya.

Untuk kota yang paling banyak dikunjungi oleh turis adalah Tokyo dan Kyoto, rentangnya akhir Maret – awal April. Kembali mengacu kepada Japan Guide, rata-rata sakura mulai mekar sampai mekar sempurna pada tanggal 26 Maret – 5 April. Namun sekali lagi, ini rata-rata yaaa, jadi bisa maju, mundur atau lebih singkat durasinya kalau cuaca kurang bagus. Kalau pengalaman kami kemarin, tanggal 2 April saat kami pulang dari Tokyo, bunga-bunga sakuranya sudah mulai pada rontok dan pohonnya mulai kehijauan dengan daun.

Berita baiknya: orang Jepang betul-betul menganggap sakura hal yang serius dan penting, sampai-sampai sejak jauh-jauh hari mereka sudah bikin ramalan kapan sakura mekar, bahkan bikin petanya :’) #terharu

Berita kurang baiknya: biasanya kita kan suka belinya tiket promo yaaa hahahah, jadi harus jadi jauh-jauh hari sebelum ada ramalan-ramalan segala :p Kalau saran saya sih ambil akhir Maret dan awal April aja, dan kalau niat banget durasinya agak dipanjangin supaya probabilitas dapat sakura mekarnya lebih besar, hehehe.

jalan-jalan ke jepang lihat sakura

Tips Lain Menikmati Musim Sakura

Berdasarkan pengalaman kami kemarin, sepertinya semua orang baik turis maupun penduduk setempat. Silakan googling tempat-tempat terbaik untuk piknik dan menikmati mekarnya sakura, NAMUN perlu diingat kalau ‘cherry blossom spots’ ini ramai bangettt, sekalipun saat weekdays. Oleh karena itu, coba datang sepagi mungkin untuk ambil tempat atau justru malah malam hari. Ada loh yang hanami malam-malam, tapi mungkin agak susah kali yaaa untuk yang bawa anak :’)

Selain itu, jangan lupa bawa bekal pikniknya :3 #fokuspadamakanan Tinggal jajan saja di convenience store terdekat dan jangan lupa bawa plastik kosong untuk menampung sampah. Begitu saja, karena hanami ini memang sesederhana: nemu pohon sakura, gelar tiker, duduk, buka bekal, ngobrol-ngobrol deh.

jalan-jalan ke jepang lihat sakura

Begitu dulu dari saya :3 Semoga bermanfaat untuk yang merencanakan berlibur ke Jepang! Arigatou for reading \(^ ^)/

4 Comments

  1. Kuingat perjalananmu di 2012, yang menginspirasiku terbang ke Jepang. Haha. Sungguh ya sakura luar biasa cantiknya :3 Daaan suka sekali foto-foto kamu sekarang penuh dengan foto Antariksa, kalau dulu mah fotonya artsy sendu2 gimana gitu. I like both anyway! Semoga bakal ada post lanjutannya tentang… makanan :))

  2. Waa, persiapannya udah matang banget nih pake buffer 2 minggu!
    Taun ini katanya sakura mulai mekar 7-9 hari lebih cepet dibanding rata-rata. Berasa sedih pas ada temen yang bilang udah beli tiket promo buat awal April, pohon sakura di Tokyo udah pada “ijo” >_<

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.