Featured On, Highlight
comment 1

Book Talk & Workshop di Yogyakarta!

Ffiuh, akhirnya dapat waktu untuk nulis blog lagi :’) Sungguh belakangan ini saya cukup keteteran untuk nulis sesuatu yang komprehensif. #hazek. Saya sebetulnya sudah ‘gatel’ ingin cerita panjang lebar soal acara Book Talk ‘Happiness is Homemade’ dan Workshop ‘Journaling & Doodling’ di Yogyakarta. Acara yang diadakan tanggal 21 dan 22 April 2018 lalu adalah hasil kolaborasi dengan Folksy, majalah kreatif independen di Yogyakarta. Acara ini juga merupakan bagian dari rangkaian #FolksyWomenWeek untuk memperingati Hari Kartini.

poster

Pengalaman ini berkesan banget untuk saya karena untuk pertama kalinya saya betul-betul pergi untuk sebuah acara.

Dukungan Banyak Pihak

Dulu kalau mau bikin acara dan disuruh ‘cari sponsor’, yang terlintas di kepala saya ya pasti perusahaan besar dan ujung-ujungnya perusahaan minyak, hahaha. Ternyata, sekarang saya banyak bekerja sama dengan komunitas dan usaha lokal, saya jauh lebih memahami betapa kolaborasi dan sponsorship adalah sebuah bentuk kerjasama yang didasari oleh optimisme, oleh rasa saling menghormati dan percaya. Percaya kalau sebuah kegiatan akan membawa kebaikan bagi kedua belah pihak.

Waktu saya pertama kali menerima email dari Mbak Yasmine, rasanya saya ingin langsung bilang iya karena saya sangat suka Yogyakarta. Namun saya berpikir, kalau ongkos ke Yogyakarta harus dibebankan ke peserta, ada yang mau ikutan nggak ya? Setiap kali mengadakan acara, tujuan utama saya adalah berbagi. Kalau mau berbagi saja peserta harus bayar mahal kan jadi nggak lucu.

Ternyata begitu saya sampaikan ke Team Folksy, mereka langsung optimis kalau acara saya akan dapat sponsor. Wow~ Walau sayanya sempat kurang percaya diri, namun setelah diskusi, saya bertekad: “Oke, ada ataupun nggak ada sponsor saya tetap mau jalan ke Yogya. Bismillah, dengan niat baik.”

Kebayang nggak sih betapa terharunya saya begitu tau kalau ada 17 pihak yang mau mendukung saya ke Yogyakarta untuk bikin acara. TUJUH BELAS, mulai dari dukungan untuk tiket, venue, penginapan, playground, workshop kit, goodie bag, sampai makanan dan minuman! :’) *sungkemin satu-satu*

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy sponsor

Saya tambah terharu waktu dikabari kalau 25 seat untuk Workshop ‘Journaling dan Doodling’ langsung penuh sampai ada daftar waiting list segala :’) Untuk booktalk pun jumlah pesertanya sampai 30 dan ada yang dari luar kota Yogya segala. Alhamdulillah, alhamdulillah, Alhamdulillah.

Book Talk ‘Happiness is Homemade’

Book talk ‘Happiness is Homemade’ berlangsung hari Sabtu sore. Saya sempat deg-degan karena penerbangan kami dari Jakarta kena delay sekitar satu jam-an. Alhasil mepet banget, begitu sampai Yogyakarta langsung lah kami ke venue di Ciao Gelato, Gejayan. Untung banget begitu sampai, ternyata sudah ada makan siang nasi biru super enak dari Nglawuhi. Setelah makan buru-buru langsung deh acara dibuka.

01

Book talk kali ini agak berbeda dari sebelum-sebelumnya karena pesertanya lebih general, bukan ibu-ibu. Justru untuk saya lebih mudah karena ‘Happiness is Homemade’ sebetulnya memang bukan buku untuk ibu-ibu tapi untuk segala usia, hihihi. Selain soal buku, di sesi yang dimoderatori Mbak Yasmine dari Folksy ini, saya membahas juga suka duka sebagai pekerja kreatif yang kerjanya dari rumah.

Para peserta yang datang dari berbagai latar belakang semangat menanyakan berbagai hal mulai dari cara bagi waktu dan mood saat kerja dari rumah, sampai tips-tips untuk memulai jadi freelancer. Peserta tambah semangat mengajukan pertanyaan tentu saja karena ada hadiah-hadiah gemasnyaaa dari Evete Naturals, Cipan Organic dan Mums Project, hihihi.

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy peserta serius

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy cipan evete mums porjectOh iya, selama acara, Antariksa dan anak-anak peserta lain bisa betah karena ada playground dari Haidee Rental yang juga dilengkapi oleh rumah-rumahan untuk dihias masking tape persembahan dari Gudily. Ya ampun saya gemesss…

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy mt tape haidee

Setelah foto-foto dan ngobrol bareng beberapa peserta, kami pun pulang ke penginapan yaitu Omah Ucok :D Nanti saya akan review terpisah ya untuk Omah Ucok ini, soalnya takut pada langsung mau booking tiket ke Yogyakarta… #eaaa

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy peserta book talk

Terima kasih semua yang sudah ikutan book talk yaaa :3

Workshop Journaling & Doodling

Hari Minggu pagi digelarlah acara kedua, yaitu workshop journaling dan doodling. Acara ini didukung penuh oleh Staedtler Indonesia, dan Gudily. Tak lupa Bits & Bobs dan Scoolmate yang menyediakan notebook untuk para peserta berkreasi :3

Sebelum para peserta mulai berkreasi, saya menjelaskan dulu bahwa journaling sebetulnya sangat bermanfaat untuk mengorganisir prioritas kita untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, di awal para peserta saya sarankan untuk merumuskan resolusi mereka terlebih dahulu, baru membuat beberapa halaman jurnal menggunakan produk-produk Staedtlter dan masking tape dari Gudily.

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy peserta acara

Berhubung pagi menjelang siang itu rasanya panas banget, saya nggak tahan untuk jajan gelato lagi hihi. Sedikit informasi, Ciao Gelato ini yang punya betul-betul orang Italia loh! Selain gelato, ada pasta dan pizza juga :D Jadi kalau main ke Yogya, bisa berasa ke Italia juga #halah :p

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy ciao gelato

Secuplik rasa-rasa gelato di Ciao Gelato. Aslinya mah masih banyaaakkk…

Begitu sudah jam 12-an, para peserta mendapat kejutan yaitu disuruh mengumpulkan karya-karya mereka! Kenapa? Karena ternyata ada 8 hadiah untuk peserta terpilih, termasuk hadiah utama persembahan Staedtler Indonesia. Ini nggak diberi tau di awal supaya para peserta nggak terlalu ‘tertekan’, hahahah. Maklum, saya maunya workshop di hari Minggu itu jadi ajang refreshing, hihihi.

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy peserta

Foto bersama para peserta workshop ‘journaling & doodling’.

Oh iya semua peserta workshop dan book talk di hari sebelumnya mendapat goodie bag berisi kegemasan berikut:

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy goodie bag

Bisa dilihat bahwa di dalam setiap goodie bag ada gelang-gelang lucu, itu dari Semoet Ketjil. Untuk teman-teman yang suka aksesoris lucu-lucu silakan dicek akun Instagram mereka juga yaaa :3

Sebetulnya masih banyak yang mau saya ceritain soal perjalanan ke Yogya kemarin. Insyaallah diceritakan secara terpisah yaaa. Namun, yang pasti acara kali ini sangat amat berkenan dan berkesan di hati saya <3 Terima kasih yang tak hingga untuk semua pihak yang sudah mendukung. Last for now but surely not the least, terima kasih team Folksy especially Mbak Yasmin, Mbak Anis, Mas Adit dan 3 krucil Ares, Aya & Agna. Sungguh tak akan ada kesan tanpa kalian.

Cheers!

book talk journaling doodling workshop Yogyakarta byputy

Keluarga selama acara kemarin… :3

1 Comment

  1. Pingback: 'Liburan' Singkat di Omah Ucok, Yogyakarta - Puty's Journal

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.