Review, Wanderlust
Leave a comment

‘Liburan’ Singkat di Omah Ucok, Yogyakarta

Berhubung baru menceritakan soal acara bareng Folksy Magazine kemarin di Yogyakarta, saya nggak mau menunda lagi cerita soal penginapan yang dua malam jadi ‘rumah’ kami, Omah Ucok. Begitu sampai di tempat, saya langsung suka sama penginapan ini karena tempatnya asri banget dan membawa aura kekeluargaan yang bikin bahagia. Ditambah lagi acara menginapnya bareng keluarga Mbak Anis dan Mas Adit yang membawa 3 krucilnya yang menggemaskan, makin-makin deh saya dan Antariksa betah.

omah ucok yogyakarta

Omah Ucok ini berkonsep villa-villa kecil sehingga rasanya ‘lebih private’ walaupun berdekatan satu sama lain. Mengusung tema natural modern, ada 5 buah ‘omah’ di sini: 3 omah cilik dengan kapasitas 2 orang dan 2 lagi omah mezzanine yang berukuran lebih besar dan bisa menampung 4 orang. Kemudian ada sebuah omah induk yang paling besar sebagai communal area. Di tengah-tengahnya ada lapangan rumput yang ukurannya pas sekali untuk bocah kejar-kejaran karena nggak terlalu kecil dan nggak terlalu besar.

Maksudnya orang tua nggak capek gitu ngejar-ngejarnya :p

Omah cilik bikin betah…

omah ucok yogyakarta

omah ucok yogyakarta

Saya, Antariksa dan Madam tersayang menginap di Omah Cilik Batu. Per Mei 2018, harga untuk menginap di omah cilik adalah Rp385.000. Sungguh terjangkau yaaa untuk ukuran sebuah villa, plus sudah termasuk sarapan pagi untuk 2 orang. Setiap omah dilangkapi dengan kamar mandi dengan air hangat, handuk, basic amenities, TV, AC, dan selimut. Untuk air minum dan teh serta kopi tersedia di omah induk. Oh iya, di setiap omah ada teras kecil untuk duduk-duduknya loh.

Nyaman? BANGET!

omah ucok yogyakarta

omah ucok yogyakarta

Communal Area yang bikin jatuh cinta!

Hal lain yang bikin saya jatuh cinta berat sama Omah Ucok ini adalah omah induk alias communal area-nya. Sejak zaman saya hobi solo traveling dan menginap di hostel, communal area adalah salah satu elemen yang pasti saya cek sebelum memesan akomodasi.

Omah induk di Omah Ucok nggak hanya digunakan untuk makan dan ngeteh, tapi juga untuk nonton bareng, ngobrol santai, main board game ataupun baca buku. Untuk yang mau foto ala-ala juga bisa banget, karena menurut saya tempatnya memang Instragramable hihihi. Sekalian menyinggung Instagram, di Omah Ucok nggak ada WiFi ya :) Walaupun mungkin ada beberapa orang yang akan bilang ini ‘kekurangan’, bagi saya ini justru ‘sebuah fitur’ untuk sedikit relaksasi dan melepaskan ponsel.

omah ucok yogyakarta

Berhubung tempatnya enakeun dan dikelilingi oleh hijau-hijau rasanya pengin berlama-lama di omah induk ini. Namun berhubung jadwal acara kemarin cukup padat, setelah sarapan kami harus langsung berangkat ke venue dan bandara :(

Oh iya, ngomongin soal sarapan, sarapan di Omah Ucok bikin kita berasa di rumah terus dimasakin orang tua gitu. Hari pertama kami dimasakkin nasi goreng dan hari kedua disediakan magelangan :9 Nggak lupa ada gorengan dan jajanan pasar juga, nyam nyam!

omah ucok yogyakarta

omah ucok yogyakarta

omah ucok yogyakarta

omah ucok yogyakarta

omah ucok yogyakarta

Catatan akhir…

Menurut kami, menginap di Omah Ucok 2 malam sangat berkesan. Saya pribadi sangat merekomendasikan teman-teman untuk liburan di sini. Namun perlu dicatat kalau Omah Ucok ini lokasinya boleh dibilang cukup jauh dari pusat kota, yaitu di Jl.Pakem Turi, Pakem, Sleman (Dekat Jalan Kaliurang). Kira-kira butuh 30 menitan naik mobil untuk ke pusat kota, dan sepertinya agak jaun untuk pesan antar makanan. Eh jangan khawatir, kalau lapar bisa pesan makanan kok di sini. Bapak-bapaknya ramah banget, berasa kaya keluarga deh. Harga? Terjangkau donggg… :D

Sekian dulu cerita saya soal Omah Ucok ini. Untuk yang tertarik menginap juga, berikut detailnya ya:

Omah Ucok
Instagram: @omahucok
Baratan RT4 RW14, Candibinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
082111388370 – 081398887026 – 081398887025
omahucok@gmail.com

Cheers!

omah ucok yogyakarta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.