Books, Featured On, Highlight, Work & Business
comments 2

Komik Persatuan Ibu-Ibu

Tahun ini mimpi saya punya buku yang diterbitkan terwujud di bulan Januari. Alhamdulillah, ‘Happiness is Homemade’ terbit di bulan Januari dan mendapat cukup banyak sambutan positif. Beberapa kali saya juga mendapatkan kesempatan bincang buku dan bertemu dengan banyak sekali teman-teman baru.

Allah memang Maha Baik. Mimpi ini ternyata terwujud dua kali tahun ini! :’) Bulan ini buku kedua saya, ‘Komik Persatuan Ibu-Ibu’, terbit ? Terima kasih lagi dan lagi kepada Bentang Pustaka atas kepercayaannya kepada karya saya, serta mendukung segala prosesnya dari awal sampai terbit.

Curhat Ibu-Ibu Melalui Komik

‘Komik Persatuan Ibu-Ibu’ sebagaimana judulnya adalah komik yang berisi curhatan saya sebagai ibu muda anak satu yang lagi ‘norak-noraknya’, yang serasa paling ‘berat’ kehidupannya setelah punya anak, hahahah. Curhat melalui komik ini sudah saya mulai sejak 2016, saat Antariksa masih newborn dan saya harus menyusui dia terus-terusan sepanjang hari. Waktu itu saya curhat betapa saya bahkan nggak sempat cek email walau hanya sekejap.

Ternyata waktu saya post di Instagram @byputy, cukup banyak ibu-ibu yang merespon dan bilang, “Wah iya ini aku banget!” Ternyata waktu saya membuat dan berbagi komik-komik berikutnya, semakin banyak ibu-ibu yang ikutan curhat di kolom komentar. Saya pun mulai rutin curhat dan memberi tagar #KomikIbuIbu pada komik-komik tersebut.

Komik Persatuan Ibu-Ibu by Puty Puar

Awal tahun 2017 saya mulai ngobrol dengan editor Bentang Komik, Mbak Ulil, untuk membawa kumpulan komik ini menjadi buku. Namun proses pengerjaannya banyak tertunda, sampai akhirnya tawaran untuk mengerjakan buku ‘Happiness is Homemade’ datang. Eh, ternyata malah ‘Happiness is Homemade’ ytang akhirnya terbit duluan, hahahaha.

Lucu-Lucuan tapi Menguatkan

Tokoh utama di komik ini adalah Antariksa dan Ibu Antariksa. Ada tokoh pendukung lain seperti Abi Antariksa, Madam, serta nenek kakeknya Antariksa. Setiap komik hanya terdiri satu atau dua halaman sehingga buku ini amat sangat ringan dan (mudah-mudahan) tidak akan jadi beban. Selain komik ada juga beberapa kutipan yang berhubungan dengan kehidupan sebagai seorang ibu.

Komik Persatuan Ibu-Ibu by Puty Puar

Walaupun komik ini konsepnya lucu-lucuan, namun saya punya pesan yang saya harapkan bisa sampai kepada pada ibu-ibu pembacanya: embrace the imperfection. Sebagaimana buku ‘Happiness is Homemade’ yang saya harapkan bisa membuat orang-orang lebih bersyukur atas kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang tidak Instagramable, melalui komik ini saya ingin mengingatkan bahwa: ibu-ibu nggak harus sempurna seperti yang ditampilkan oleh para selebriti dan selebgram.

Saat saya berbagi curhatan melalui Instagram dan mendapatkan komentar: “Samaaa banget, aku juga,” saya merasa: oh saya nggak sendirian. Oh wajar ya saya stress. Oh wajar ya saya nggak langsing-langsing. Oh wajar ya sirik ingin piknik.

Di era digital sekarang ini, dimana kita sebagai ibu-ibu nyaris selalu mengacu ke media sosial, ada tendensi untuk selalu membandingkan diri dengan orang lain sehingga kita selalu merasa kurang. Padahal sebetulnya masalah-masalah sehari-hari beserta hal-hal konyol lainnya dialami juga oleh ibu-ibu lain. Melalui komik ini, saya ingin menyampaikannya: ibu-ibu itu masalahnya sama kok, kegalauannya juga mirip-mirip, jadi yuk bersatu. Yuk berhenti saling mengkotak-kotakkan dan membanding-bandingkan. Yuk bersatu dan berbagi lalu saling menguatkan. ?

Komik Persatuan Ibu-Ibu by Puty Puar

Komik Persatuan Ibu-Ibu by Puty Puar

Komik Persatuan Ibu-Ibu by Puty Puar

Keseruan Pre-Order

Tanggal 3- 10 Mei lalu, dibuka pre order ‘Komik Persatuan Ibu-Ibu’ edisi khusus bertanda tangan. Alhamdulillah jumlah pemesannya lebih dari ekspektasi semula, bahkan hampir 2x lipatnya. Untuk menemani saya tanda tangan, Bentang Pustaka sampai mengutus Arek Suroboyo khusus dari Yogyakarta ke Bekasi loh! :’)))

Komik Persatuan Ibu-Ibu by Puty Puar

Komik Persatuan Ibu-Ibu by Puty Puar

Alhamdulillah, walaupun lumayan lelah dan pegal, perjuangan kami nggak sia-sia karena sudah cukup banyak pesan dan komentar yang masuk dan bilang kalau komik ini sangat relate dengan kehidupan ibu-ibu dan menghibur.

Duh, terima kasih banyak yaaa yang sudah pre-order, baca, dan kasih testimoni ?

Unutk yang ketinggalan belum pre-order, teman-teman / ibu-ibu bisa mendapatkan ‘Komik Persatuan Ibu-Ibu’ di toko buku kesayangan kalian. Supaya aman, telepon saja dulu toko bukunya untuk tanya apakah sudah ada atau belum, siapa tau belum dipajang :3 Kalau mau beli online, bisa melalui MizanStore.com di sini yaa :)

Selamat bersatu dan membaca, Ibu-Ibu!

Komik Persatuan Ibu-Ibu by Puty Puar

Komik Persatuan Ibu-Ibu

Webpage: komikpersatuanibuibu.bentangpustaka.com
Goodreads: Komik Persatuan Ibu-Ibu
Paperback, 144 pages
Published May 2018 by Bentang Pustaka
ISBN13 9786024302818

2 Comments

  1. Halo mbak Puty, setuju banget dengan “ibu-ibu itu masalahnya sama kok, kegalauannya juga mirip-mirip, jadi yuk bersatu dan saling menguatkan” :) and thank you for writing the Komik Persatuan Ibu-Ibu :) keep up the good work!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.