Artwork, Daily Life
comments 2

Aksi Hemat Energi, Sederhana Namun Nyata

Saya masih ingat waktu saya masih kecil, ada iklan layanan masyarakat yang bunyinya: “Hemat energi, hemat biaya.” Pasti ada teman-teman generasi 90-an yang bisa menyanyikannya kan? Walaupun sederhana, slogan dan jingle tersebut membawa pengaruh dalam kehidupan saya sampai saat ini, apalagi setelah jadi ibu-ibu.

Setelah jadi ibu-ibu yang tiap awal bulan bertanggung jawab mengurusi bayar-bayar tagihan, saya makin rajin mengingatkan seisi rumah: “Ayo matiin lampu dan AC, biar bayar listriknya hemat.”

Ketika ngobrol dengan teman saya seputar penghematan energi ini, kami sepakat bahwa kampanye hemat energi paling tepat kalau disuarakan ibu-ibu dan dimulai dari rumah. Sebagaimana yang kita tau, orang tua adalah pendidik pertama yang menanamkan nilai-nilai dan kebiasaan baik ke anak-anak.

Coba ingat-ingat, dari mana kebiasaan sederhana seperti mematikan lampu segera setelah keluar dari ruangan, atau mematikan AC di kamar yang tidak ditempati berasal? Yup, dari rumah, bukan? :D

Gerakan #AksiHematEnergi

Ketika saya diinformasikan soal #AksiHematEnergi dari Kementrian ESDM, saya langsung semangat untuk mendukung gerakan ini. . Gerakan #AksiHematEnergi ini gak cuma bermanfaat ke keluarga kita lho. Tapi juga ke keluarga lain. Next post bakal saya share yah! Kebetulan teman SD saya terlibat langsung dan memberi tau saya, “Put, #AksiHematEnergi ini ada jinglenya loh.”

Sebagai mamak-mamak yang mudah terpengaruh jingle, langsung dong saya penasaran. Eh pas terdengar terngiang-ngiang, sampai Mbak ART di rumah pun ikutan nyanyi.

Berikut jinglenya:

Berikut versi lengkap dan liriknya, biar pada ikutan terngiang-ngiang :’)))

Matikan lampu
cabut colokan
aksi hemat energi
pilih alat yang berlabel hemat
aksi hemat energi

hai teman-teman semua
yuk kita hemat energi
energi jangan dibuang-buang
gunakan secukupnya

hemat energi itu mudah
caranya pun juga banyak
kalau mau yang sederhana
ikuti aksi ini

Matikan lampu
cabut colokan
aksi hemat energi
pilih alat yang berlabel hemat
aksi hemat energi

 

AksiHematEnergi

Gimana? Terngiang-ngiang kan? Silakan loh kalau mau ditularkan ke pasangan dan anak-anak :p

Langkah Sederhana, Namun Nyata

Yang saya suka dari jingle ini: ada 3 langkah sederhana yang bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Matikan lampu
  2. Cabut colokan
  3. Pilih alat elektronik yang berlabel hemat

Bayangkan kalau semua keluarga menjalankan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini, berapa banyak energi yang dapat dihemat! Saya tau dari teman SD saya ini yang dapat data dari Kementerian ESDM kalau… 40% biaya tagihan listrik kita itu asalnya dari AC! Tentunya, bayangkan berapa puluh bahkan ratus ribu rupiah yang bisa kita hemat hanya dengan 3 langkah tersebut. Sekali lagi: semuanya dimulai dari rumah :)

Keluarga Hemat Energi pendukung #AksiHematEnergi

Sebagai bentuk dukungan saya terhadap #AksiHematEnergi, saya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM (atau disingkat DJEBTKE) untuk membuat komik strip yang membahas ‘Keluarga Hemat Energi’. Keluarga Hemat Energi ini walaupun kocak, namun sangat kompak untuk melakukan penghematan energi. Harapannya, kita bisa mengikuti beberapa langkah mereka, seperti yang ini:

AksiHematEnergi

:p :p :p

Oh iya, komik strip ini akan rutin tayang setiap minggu di Instagram saya @byputy, Instagram KESDM @kesdm dan @djebtke. Silakan jika ingin dibagikan ke teman-teman dan keluarga supaya kita semua makin semangat berhemat energi!

Karena hemat energi itu sederhana, namun nyata :)

2 Comments

  1. wwkwkwk gubrak banget si papah kirain ngajakin ngedate beneran tahunya nonton di rumah. Btw saya kurang rajin nih untuk nyabut colokan listrik karena mikirnya kan besok bakal dipakai lagi, tapi ternyata ngaruh banget ya sama tarif listrik >,<

  2. sandraartsense says

    Hihi iya inget jingle nya, tfs ya saya juga gemes klo tetangga nyalain tv tapi ga nonton, saya matiin drh tv nya lol?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.