Daily Life, Home & Family
comments 6

Tahun 2016

Banyak yang bilang bahwa tahun 2016 adalah tahun yang buruk banget untuk dunia karena berbagai teror yang terjadi sepanjang tahun, virus Zika, Brexit, Syria, Donald Trump, lalu berpulangnya David Bowie, Muhammad Ali, sampai the one and only Princess Leia Organa: Carrie Fisher. Bahkan jika kita skip dunia politik beserta segala isu SARA, tanah air pun punya kabar buruk dari Banda Neira yang bubar di akhir tahun.

Namun demikian, terlepas dari segala kabar-kabar buruk di atas, 2016 adalah tahun yang luar biasa untuk saya. Rasanya banyak sekali yang saya lalui sepanjang tahun. Tidak semua menyenangkan, beberapa rasanya berat banget, namun begitu banyak pelajaran yang saya ambil dan hikmah yang saya dapat. This year totally changed my life dan kalau hanya boleh dideskripsikan dalam satu kata, kata untuk 2016 adalah ‘keluarga’.

Here is a quick recap of ‘big’ things on chronological order:

1) Hamil
Bulan Januari saya dinyatakan hamil :) Alhamdulillah wa syukurillah. Walaupun awalnya cukup kaget, saya dan suami betul-betul bersyukur dengan rezeki sekaligus amanah untuk keluarga kecil kami. Walaupun demikian, kondisi saya yang beda kota (Balikpapan-Jakarta/Bekasi) dengan suami sempat bikin kami bingung. Apalagi waktu itu kondisinya Mama (mertua) saya sakit dan tinggal di rumah kami di Bekasi sehingga suami harus siaga dan nggak bisa sering-sering berkunjung ke Balikpapan.

2) Memulai Fat Bunny byputy
Di bulan Januari saya juga memulai berjualan produk dengan desain dan ilustrasi saya sendiri yang saya sebut Fat Bunny byputy. Koleksi pertama berupa pin Star Wars x byputy kemudian koleksi berikutnya adalah pouch, pin, dan magnet. Berkat bantuan dan gotong royong dari keluarga, semua laris terjual walau segala manajemen saya lakukan dari Balikpapan sementara pembungkusan hingga pengiriman dilakukan dari Bekasi. Saya pun melewati banyak sekali proses ‘learning by doing’ dari mulai mendesain produk, menghadapi vendor, menentukan harga, promosi, packaging, pembuatan website, manajemen konten promosi di media sosial, manajemen stok, dan seterusnya.

3) Nonton Bon Iver di bulan Maret

4) Made the decision to resign and came home
Saya memasukkan surat resign pada bulan April sambil memberi tahu kepada teman-teman dan bos-bos di kantor bahwa saya hamil (sebelumnya saya nggak bilang-bilang kalau saya hamil). Ini merupakan salah satu keputusan terbesar yang pernah saya ambil dalam hidup karena resign dari pekerjaan di masa harga minyak sedang begini (dengan nyaris tidak ada lowongan pekerjaan sebagai petroleum geologist) seperti ini berarti saya harus siap untuk resign dari dunia migas sama sekali.

Namun demikian ini juga salah satu keputusan terbaik yang pernah saya ambil. Akhirnya di bulan Mei saya bisa berkumpul dengan suami dan bayi di dalam perut. Saya juga dapat menghabiskan waktu bersama Mama di bulan-bulan terakhirnya, which I’m truly grateful of.

5) Menyiapkan home office dan diri untuk menjadi Working at Home Mom (WAHM).

6) Memulai Little Fat Bunny
Bulan Juni saya memulai sebuah line baby & kids stuff dengan desain dan ilustrasi saya yaitu Little Fat Bunny. Little Fat Bunny pun berhasil melaunching koleksi pertamanya bertemakan luar angkasa yang saya persembahkan untuk Antariksa yang saat itu masih ada dalam kandungan :)

7) Melunasi, membereskan dan menyewakan studio
Selama kerja saya mencicil sebuah unit studio mungil di Bandung yang saya hitung sebagai tabungan. Alhamdulillah di bulan Juni saya berhasil melunasinya, dan berkat bantuan keluarga saya juga akhirnya unit tersebut beres, siap huni, dan sukses disewakan di bulan Oktober untuk setahun ke depan. Lagi-lagi, Alhamdulillah. Mungkin ini yang namanya ‘rejeki anak’, hihi.

8) Berpulangnya Mama ke Rahmatullah di bulan September

9) Lahirnya Antariksa Safar di bulan Oktober

10) Daftar haji di bulan November

11) Selesai membaca 50 buku di bulan Desember

Selain sebelas hal besar tadi, tentu ada banyak hal lain yang membuat hari-hari di tahun 2016 jadi manis, asam, asin, gurih, dan pedas. Misalnya salah satu buku yang saya ilustrasikan terbit, reuni Geng Cinta di Ada Apa Dengan Cinta? 2, kembalinya manga Cardcaptor Sakura, ataupun Bridget Jones’s Baby yang rilis di bulan Oktober (yang artinya saya punya bayi barengan sama Bridget, one of my favorite rom-com heroines hihi). Saya juga kembali main Instax Mini, kembali menulisi blog ini dengan tulisan yang (cukup) informatif, dan mecoba untuk bersosialisasi lagi di dunia maya dengan cara blogwalking.

Bicara dunia maya, tahun ini saya belajar untuk lebih bijaksana mengutarakan pendapat di dunia maya, apalagi soal yang saya saya nggak ahli / cukup ilmunya. Ugh! Berat banget, terutama di saat hawa politik dan agama sedang panas-panasnya lalu banyak banget hal yang (bahkan secara common sense) bodoh (dan bukan sekedar nggak cerdas). Namun demikian karena banyaknya support dari keluarga, teman dan saudara di tahun ini, saya sampai di satu titik: bertekad untuk menjaga tali silaturahmi dan menjadikan itu sebagai prioritas utama.

Untuk mengakhiri post terakhir di tahun 2016 ini, izinkan saya menuliskan rasa syukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada keluarga saya, saudara, sahabat, juga teman-teman semua yang selalu menjadi inspirasi bagi saya :)

Alhamdulillah.

Advertisements

6 Comments

  1. Silaturahmi itu salah satu blogpost favorit saya tahun ini! Terima kasih sudah mengingatkan untuk tetap berdampingan dengan keluarga >.<

    Selamat tahun baru!

    • Terima kasih :) Semoga tahun ini kita tetap bisa menjaga hubungan baik kita dengan keluarga :) Aamiin…

  2. Every year, me and some people will agree that we envy you for a lot of reasons, especially by your achievements through each year. I’ve personally seen you grow through this blog and touched by how far you go this year.

    You overcame a lot of things, lost things, and gain more things, yet you never forget to always count your blessings. I hope next year will go even better for you and your little family. I cannot wait to read more of your stories and see what other cute things you’ll make next year. Shine more, Puty :)

    • Thank you very much, Cup :) You surely are on the top of ‘sincerest best friend/blog reader’ list and I’m so grateful for that because friends like you are one of my biggest reasons to keep writing & creating :) I hope that 2017 will also be a great year for you, family, Kawung Living, and other projects you’re doing. Please make the stationery business comes true, I’ll be among the first buyers and fans! x)

Leave a Reply