Artwork
Leave a comment

Craft Tutorial: D.I.Y Bingkisan Lebaran Sederhana

Sebetulnya salah satu keinginan saya adalah lebih banyak berbagi freebies dan craft tutorial di blog. Namun ternyata sulit sekali mencari waktu yang enak untuk bikin yang lucu-lucu tahun ini, huhuhu. Nah, mumpung sempat dan sudah masuk bulan Ramadan, asyik juga nih kalau bikin-bikin yang sederhana untuk mengisi waktu menunggu berbuka :D

Kebetulan juga saya punya sepaket MT – Masking Tape dari Gudily dengan motif-motifnya yang menggemaskan. Oleh karena itu, kali ini saya akan kasih ide untuk membuat / menghias sendiri bingkisan sederhana untuk Lebaran beserta kartunya. Serunya lagi, kegiatan hias menghias ini bisa dilakukan bersama anak-anak, karena MT – Masking Tapes mudah disobek tanpa harus menggunakan gunting. Selain mengasah kreativitas anak, ini juga bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi anak soal memberi sesuatu kepada orang lain yang kita anggap istimewa ?

Namun tentu tetap hati-hati dengan gunting dan benda tajam lainnya, ya saat berkegiatan bersama anak, ya, Buibu ;)

Alat & Bahan

  • Kertas karton ukuran A4 / folio (saya pakai Concorde Cover)
  • MT – Masking Tape berbagai motif. The more, the merrier!
  • Double tape (isolasi 2 sisi)
  • Gunting
  • Pensil
  • Spidol
  • Toples kue yang akan diberikan sebagai bingkisan
  • Kantong kertas / paper bag polos untuk dihias

Cara Membuat

1. Gunting kertas karton menjadi dua, gunakan satu bagian untuk kartu Lebaran dengan melipatnya menjadi dua lagi.

2. Gunakan sebagian lagi untuk hiasan. Langkah pertama adalah menggambar pola gambar Masjid menggunakan pensil. Sesuaikan ukurannya dengan kartu dari langkah 1.

3. Tempelkan MT – Masking Tape untuk melapisi pola gambar Masjid yang sudah digambar di langkah 2. Kombinasikan dan padu padankan sesuka hati. Kalau ‘bebikinannya’ bersama anak, biarkan anak memilih motif dan menempel masking tape-nya :) Nggak usah khawatir, salah tempel, karena masking tape ini masih bisa dikelupas tanpa terlalu merusak kertas.

4. Setelah pola masjid tertutup oleh masking tape, gunting setiap bagian mengikuti polanya sehingga menjadi seperti gambar berikut:

5. Tempel bagian-bagian gambar Masjid di kartu (no.1) menggunakan double tape.

6. Hiasi dengan spidol, dan jangan lupa bubuhkan kata ucapan. Jika berkreasi dengan anak, biarkan anak berkreasi pada langkah ini ya :D It’s fun!

7. Kreasi dengan masking tape gemas dan spidol tentu bisa dilanjutkan di bagian dalam kartu Lebaran. It would be even more personal and thoughtful with our doodles!

8. Gunakan sisa kertas dari langkah nomer 4 untuk membuat gift tag & kartu mungil untuk ditempelkan di toples. Jangan lupa gunakan masking tape yang senada dengan kartu Lebaran, ya!

9. Lapisi isolasi toples dengan masking tape yang senada.

10. Langkah terakhir adalah menghiasi kantong kertas / paper bag dengan masking tape yang senada juga. Kantong kertas nggak perlu dihiasi secara penuh, kok. Cukup tempelkan beberapa baris sebagai aksen pemanis saja.

Jadi deh, bingkisan Lebaran sederhana ini ? Semoga bermanfaat dan bisa dicoba di rumah yaaa…

Selamat berpuasa Ramadan untuk teman-teman yang menjalankan :)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.