Menghadiri International Emmy Awards (Part 1)

Sebelum ‘basi’ dan banyak lupa, saya akan melanjutkan blogpost tentang New York trip kemarin, kali ini tentang menghadiri International Emmy Awards-nya. Mungkin ini yang banyak bikin orang penasaran. Namun sebelumnya saya mau jelaskan dulu sedikit soal International Emmy Awards ini.

International Emmy Awards vs Emmy Awards?

International Emmy Awards ini diselenggarakan oleh International Academy of Television Arts and Sciences (IATAS) sebagai penghargaan bagi acara-acara televisi terbaik yang diproduksi dan ditayangkan di LUAR Amerika Serikat. International Emmy merupakan salah satu bagian dari Emmy Award yang sebetulnya terdiri dari banyak acara: Primetime Emmy, Daytime Emmy, Sports Emmy, dst. Lalu International Emmy ini juga ada terbagi menjadi beberapa acara seperti News Emmy dan International Emmy Kids Awards.

Jadi kalau ditanya apakah saya ketemu Millie Bobby Brown? NGGAK, karena Stranger Things itu masuknya ke Emmy Awards, nggak pakai ‘international’ :’))) Jadi saya ketemunya sama artis-artis series dari negara-negara selain Amerika seperti Turki, Denmark, Afrika Selatan, Jepang, Korsel, dst.

Nah, jadi apa hubungannya saya sama International Emmy? Jadi JCS International Young Creatives Awards yang saya sebutkan di postingan sebelumnya merupakan kompetisi pelengkap International Emmy untuk membidik dan mengapresiasi bakat-bakat / potensi dari kaum muda (<30 tahun) yang belum terjun ke industri pertelevisian. Selain kompetisi video, ada juga kompetisi menulis script yaotu: Sir Peter Ustinov Television Scriptwriting Award.

Acara International Emmy Awards ini pun bukan hanya satu acara tapi terdiri dari rangkaian acara dalam 3 Hari.

  • International Emmy World Television Festival – 17 & 18 November 2018
  • International Emmy Awards Gala – 19 November 2018

Berhubung penjelasan seputar International Emmy-nya saja sudah panjang begini, saya akan bagi postnya menjadi 2 bagian ya supaya nggak kepanjangan :’)

JCSI Young Creatives Awarding at International Emmy World Television Festival

International Emmy World Television Festival ini terdiri dari 2 hari. Acaranya macam-macam mulai dari diskusi panel sampai cocktail party. Nah, pada acara pembukaan International Emmy World Television Festival ini lah dilakukan awarding untuk para pemenang JCS International Young Creatives Awards dan Sir Peter Ustinov Television Scriptwriting Award. Sayangnya dari tiga pemenang, hanya dua yang bisa hadir, yaitu saya dan Raj Dutta dari India.

Penyerahan plakat dilakukan oleh Michal Grayevsky, presiden JCS International. JCS International sendiri merupakan perusaan media milik Robert Lauder yang berbasis di New York, AS. Oh iya, selain presiden JCS International, Michal ini salah satu board member ‘UN Women for Peace’. Asli, keren dan powerful banget sih beliau ini :’)

With Michal Grayevsky, president of JCS International

Setelah menerima penghargaan saya nggak nyangka bakal dikasih kesempatan untuk ngomong di podium walau cuma 15 detik :’) #TERHARU

Para pemenang JCS International bersama Michal Grayevsky

And of course we took A LOT OF PHOTOS~ That was another moment I was assured that I’m not meant to be a celebrity :’)))) Pusing banget dijepret ratusan kali pakai flash :’)))

The plaque

Kehadiran First Lady of Panama

Salah satu hal yang menurut saya menakjubkan adalah kehadiran salah satu juri kompetisi ini yaitu First Lady of Panama, Lorena Castillo García de Varela. Berhubung First Lady ini tamu undangan kehormatan JCS International, jadilah saya dapat cukup banyak kesempatan untuk foto bareng dan ngobrol dengan beliau.

ASLIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII KEREN BANGET FIRST LADY OF PANAMA INIII… Orangnya humble, hangat, fun, tapi kelihatan banget punya visi, passion and purpose. Walaupun bubbly gitu auranya, tapi tetep berkharisma. Aduh gimana ya menjelaskannya? Pokoknya woman crush banget <3 Beliau ini punya campaign bertajuk #zerodiscrimination yang dilambangkan dengan kupu-kupu, jadi beliau kemana-mana selalu bawa si kupu-kupu ini AND I LOVE IT! Salah satu berita soal #zerodiscrimination bisa dicek di sini. Oh iya, First Lady ini juga mendapat Leadership Award 2018 dari UN Women for Peace Association.

Berfoto untuk campaign #zerodiscrimination

Saya bener-bener merasa beruntung bisa ketemu langsung sama beliau. Terinspirasi banget lah pokoknya :’)

Bersama First Lady of Panama dan Raj

Para Nominee International Emmy Awards

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan medali oleh Bruce Paisner untuk setiap nominee International Emmy Awards. Jujur saja nggak ada yang sebelumnya sudah saya kenal, ya karena nonton TV kabel juga saya sebetulnya jarang, HAHAHAHA. Namun saya jadi menonton trailer-trailer para nominee dan banyak sekali program-program yang menarik ya ternyata.

Kategori-kategorinya sebagai berikut:

  • Arts Programming
  • Best Performance By An Actor
  • Best Performance By An Actress
  • Comedy
  • Documentary
  • Drama Series
  • Non-English U.S. Primetime Program
  • Non-Scripted Entertainment
  • Short-Form Series
  • Telenovela
  • TV Movie/Mini-Series

Jujur saja, dulu saya suka menganggap kalau industri pertelevisian adalah dunia yang banal dan kapitalis. Mungkin karena kebanyakan lihat TV lokal kali ya :p Namun hadir di sini semakin membuka pandangan saya bahwa seperti pada industri lainnya, selalu ada orang-orang yang memiliki bakat dan visi, dilengkapi oleh passion dan dieksekusi dengan kerja keras. Probably this industry has been perceived as ‘just pretty faces’ because that is what sells the most. However, cream always rises to the top!

Setelah pengalungan medali, International Emmy World Television Festival dilanjutkan dengan berbagai diskusi panel yang membahas setiap kategori. Namun saya nggak ikutan semua panel karena siangnya kami dihost JCS International untuk makan siang di Harvard Club bersama para juri yang memilih video kami. Yowes,belum bisa sekolah di Harvard, makan siang di clubnya juga aku sudah bahagia :’))))))))))))))))))

NEW YORK, NY – NOVEMBER 17: (L-R) Mozhan Marno, Raj Dutta, Ben Pyne, President of JCS International Michal Grayevsky, Her Excellency, Lorena Castillo De Varela, First Lady of the Republic of Panama, Puti Puar, Patrick Connolly attend the Young Creatives Award – The Pitch – Luncheon on November 17, 2018 in New York City. (Photo by noa grayevsky/Getty Images for RSL Management)

Oke, sekian dulu ceritanya, nanti saya sambung lagi di part 2!

(Oh iya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yuna+co yang sudah memilihkan baju untuk saya :) Untuk yang belum tau, Yuna+co merupakan jasa stylist online berbasis AI. Jadi kita belinya per-paket dengan harga tertentu, lalu kita isi data diri beserta preferensi gaya berpakaian kita secara online. Nanti Team Stylist Yuna+co akan memix and match outfit kita (bisa termasuk hijab dan alas kaki juga loh!) lalu mengirimkannya dalam box. Untuk lebih lengkapnya bisa cek di web mereka ya <3)

6 responses

  1. Huaa keren banget :)

    1. Mbak, keren sekali masya Alloh. Dan outfitnya cakepppp…

  2. […] Emmy World Television Festival dan soal awarding JCS International Young Creatives Award di post sebelumnya, kali ini saya akan cerita soal International Emmy Awards Gala-nya. Namun sebelumnya, saya akan […]

  3. Inspiring Mba Puty.
    Salam kenal mba puty … :)

  4. sandraartsense Avatar
    sandraartsense

    Mendebarkan, kerennnn

  5. […] has been a really busy year for me; yet a real deal. I did not win any international award of fly to another continent this year but there were many things to highlight and be grateful about. Most of them are work […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.